Cara Membuat Puding Coklat yang Mudah dan Lezat

111 views

puding coklat

Puding adalah jenis makanan manis sebagai hidangan penutup yang bertekstur halus dan kenyal. Menurut catatan sejarah makanan, puding pertama yang dibuat oleh koki kuno yang menghasilkan makanan mirip sosis dengan cita rasa gurih. Pada abad ke-17, puding di Inggris raya terdiri dari dua rasa, yaitu gurih karena terbuat dari daging dan manis karena terbuat dari tepung, kacang, dan gula. Kedua puding ini biasanya direbus dalam tas puding khusus. Haggis adalah salah satu contoh puding gurih karena terbuat dari jantung, hati, dan paru-paru domba yang dicampur dengan bawang bombay, oatmeal, lemak, aneka rempah, dan garam. Secara tradisonal, Haggis dibungkus dalam perut hewan dan kemudian direbus selama tiga jam.

Kini puding menjadi makanan penutup jenis custard yang dibanyak dikonsumsi oleh semua orang dan sehat untuk pencernaan. Hingga kini banyak aneka varian puding yang bisa kamu temukan mulai dari puding coklat, puding susu, puding buah dan masih banyak lagi. Untuk itu kamu yang ingin membuat kreasi puding, kami akan berikan resep kue lebaran terbaru anti ribet dan rasanya yang enak. Penasaran kan? Yuk simak guys !

1. Bahan bahan

Pertama adalah kamu harus mempersiapkan bahan untuk membuat puding coklat ini diantaranya :

  • 6 sendok makan bubuk kakao tanpa pemanis
  • 3/4 cangkir gula pasir
  • 1,5 gelas susu
  • 1/4 cangkir tepung jagung
  • 1 jumput garam
  • 1 sendok teh ekstrak vanila
  • 1 cangkir krim kental

2. Masukkan beberapa bahan ke dalam panci

Pertama, kamu masukan gula pasir, tepung jagung, bubuk kakao dan garam kedalam panci lalu aduk secara merata. Lalu kamu bisa masukan 1,5 gelas susu secara perlahan kedalam adonan tadi. Lalu aduk semua campuran agar tidak menggumpal, setelah itu tambahkan satu cangkir krim kental.

3. Panaskan panci dengan api sedang

Setelah kamu mencampurakan semua bahan ke dalam panci, simpan adonan tersebut di atas pemanas dan panaskan dengan api sedang. Selama proses pemanasan, kamu harus mengaduk terus secara perlahan agar adonan tersebut tidak menggumpal karena jika menggumpal, pada saat memakannya tidak akan merasakan tekstur lembut ala puding.

4. Setelah mendidih, matikan kompor biar gak gosong

Setelah adonan yang kamu aduk hingga mendidih, kamu segera matikan kompor agar adonan tidak gosong pada bagian bawah. Lalu kamu masukan satu sendok teh ekstrak vanila dan aduk hingga merata. Vanila ini untuk membuat adonan puding menjadi lebih wangi.

5. Masukkan campuran puding yang sudah jadi ke dalam gelas

Setelah adonan jadi, kamu sebaiknya segera tuangkan adonan kedalam wadah karena jika terlalu lama mendiamkannya, adonan puding akan segera mengeras di panci. Kamu bisa memasukan adonan tersebut kedalam wadah cetakan gelas, cangkir atau wadah plastik lainnya. Setelah kamu memasukan adonan ke dalam wadah, tunggu kira-kira satu jam dengan suhu ruangan. Jika kami ingin mendapatkan tekstur puding lembut dan nikmat, kamu bisa memasukan puding ke dalam kulkas setelah puding tersebut telah didiamkan suhu ruangan. Puding coklat siap disajikan.

Itulah Cara membuat puding coklat yang mudah dan bisa kamu aplikasikan di rumah. Kini kamu bisa membuat puding coklat yang enak dan lembut ala cafe tanpa harus membeli lagi. Cocok banget kamu santap bersama keluarga atau teman terdekat. Pasti dijamin puding buatan kamu akan diacungi jempol oleh keluarga atau teman mu.


---

Baca Selanjutnya...

Taufiq