Ternyata Tidak Semua Daging Bisa Dimasak Jadi Satu Lho…

1108 views

Terkadang saat memasak daging, kita salah menentukan bagian daging yang tepat untuk menu masakan kita. Alhasil, daging yang dimasak mudah hancur ataupun alot hingga tak enak dimakan. Kualitas daging dan cara makan daging yang baik juga berpengaruh lho untuk hasil masakan.

daging masakan

Penentuan daging yang akan digunakan untuk memasak sangat bergantung pada menu yang Anda buat. Jangan sampai salah, atau Anda justru akan dibuat kesulitan memasaknya. Berikut beberapa jenis daging beserta menu-menu yang biasa diolah darinya:

Sandung Lamur

Dikenal dengan istilah brisket, biasanya daging ini mengandung banyak lemak. Sandung lamur biasanya sangat cocok diolah menjadi rawon, soto, sup, semur, dan asem-asem.

Has Dalam

Daging yang satu ini dikenal dengan istilah tenderloin, yakni bagian daging yang terlembut dan cepat lunak ketika dimasak. Oleh karena itu, cara memasaknya lebih singkat, misalnya untuk bistik, tumisan, dan sate.

Has Luar

Selain has dalam, bagian daging sapi ada juga bernama has luar, biasanya dikenal dengan sirloin. Daging ini berbeda dengan tenderloin karena memiliki lemak yang sedikit. Biasanya, lemak tersebut terdapat di bagian luar daging sehingga membutuhkan waktu memasak lebih lama dari has dalam. Daging ini cocok diolah dalam menu tumisan.

Daging Sengkel

Bagian daging ini bisa juga disebut kisi. Daging ini banyak uratnya dan cocok untuk masakan, seperti bakso, empal, semur, rendang, dan soto.

Tetelan

Jenis daging ini merupakan sisa-sisa daging yang melekat pada tulang. Tetelan biasanya digunakan untuk tumisan atau diambil kaldunya, kerap ditemukan pada olahan bakso.

Gandik

Jenis daging satu ini mungkin asing di telinga Anda, apalagi daging ini tidak memiliki lemak dan tidak terdapat uratnya. Biasanya, daging ini disebut daging kelapa. Karena daging ini sangat keras dan tidak mudah hancur, maka proses pemasakannya memakan waktu lama. Daging ini cocok dibuat rendang.

Baca Juga :  Istilah-istilah yang Sering Digunakan Toko Online Wajib Kamu Ketahui!

Tulang Sapi

Bagian tulang yang banyak dipakai adalah tulang iga, kaki, dan dengkul. Tulang dengkul biasanya dipakai untuk membuat kaldu.

Beberapa hal diatas adalah bagian-bagian pada daging khususnya daging sapi dan tips memasaknya. Tetap waspada dalam pemilihan daging segar ya? Dan kenali manfaat daging bagi tubuh disini. Bagaimana sudah siap untuk memasaknya? Semoga bermanfaat!


loading...

Wanwan Max
Hanyalah orang biasa (bukan luar biasa), pendiam (tapi banyak omong), suka hal-hal yang menarik (ya iya lah, kalo gak menarik gak mungkin suka dong...), dan asik juga kalo diajak ngobrol (kalo udah kenal sih....) apalagi diajak makan-makan bareng... Hehehe... (tapi dibayarin)

Jangan Lewatkan...