Inilah 5 Manfaat Baik Daun Peppermint yang Perlu Anda Ketahui

Anda pastinya sudah akrab dengan rasa dingin dan segar yang biasa Anda temukan pada permen dan dan pasta gigi. Ya, itu adalah rasa yang timbul dari peppermint. Anda juga bisa menemukan daun peppermint dengan warna hijau segar dan gerigi di bagian pinggirnya sebagai hiasan kue atau masakan.

Daun Peppermint

confessionsofacosmetologist.com

Daun peppermint, faktanya sejak lama telah termasuk dalam jenis tanaman yang bisa dijadikan sebagai obat. Ia digunakan sebagai campuran obat untuk mengatasi beberapa masalah kesehatan. Apa saja manfaat daun peppermint untuk kesehatan tubuh? Dikutip dari situs Huffington Post dan Kompas, inilah manfaat yang dapat kita ambil :

Mengatasi Masalah Pencernaan

Manfaat daun peppermint untuk kesehatan yang pertama adalah mengatasi masalah pada pencernaan. Anda bisa mencampurkan daun peppermint pada masakan atau meminum teh rasa peppermint. Selain bisa menghilangkan rasa mual dan mengatasi masalah pada lambung, ia juga bisa mengatasi sindrom iritasi usus besar.

Meringankan Sakit Kepala

Manfaat daun peppermint untuk tubuh adalah meringankan sakit kepala. Sakit kepala jenis tension headache yang kerap disebabkan oleh rasa cemas, stress, atau setelah minum alkohol, bisa kita redakan dengan mengoleskan sedikit minyak peppermint pada dahi dan pelipis kita hanya dalam waktu 15 menit.

Meredakan Gejala Batuk dan Flu

Salah satu bahan aktif yang terkandung pada daun peppermint adalah menthol. Menthol dikenal sebagai bahan yang bisa merangsang saraf di saluran pernapasan atas dan membuatnya lebih lega. Karenanya, salah satu khasiat daun mint yang dikenal sejak lama ialah bisa mengurangi batuk-batuk dan memberikan rasa nyaman pada tenggorokan.

Baca Juga :  5 Bahaya Kalau Terus-menerus Terkena Jaringan WiFi

Mengurangi Keinginan Untuk Makan

Kegunaan daun peppermint yang satu ini sangat berguna sekali untuk Anda yang sedang berdiet. Sebuah penelitian di tahun 2011 menyebutkan, partisipan penelitian diminta menghirup aroma peppermint setiap dua jam sekali. Hasilnya, mereka tidak merasa lapar seperti orang-orang yang tidak menghirup aroma mint itu, dan mereka juga mengonsumsi kalori lebih rendah.

Meningkatkan Konsentrasi

Sebuah penelitian kecil di Wheeling Jesuit University menyebutkan bahwa menghirup aroma peppermint akan meningkatkan fokus, motivasi, dan performa kita dalam bekerja. Anda bisa mengambil permen rasa daun mint untuk meningkatkan fokus dan konsentrasi Anda di sela-sela pekerjaan Anda.

Tak hanya memiliki bentuk yang cantik dan cocok dijadikan garnish pada makanan, tapi juga ada banyak manfaat daun peppermint yang bisa kita peroleh.


loading...

Yoga Saputra
Aku biasa aja sih, hanya anak orang biasa yang suka sama hal-hal yang luar biasa !

Jangan Lewatkan...