5 Olahraga Aneh yang Pernah Dipertandingkan di Olimpiade

Olahraga merupakan salah satu aspek yang tak lepas dari kehidupan manusia. Berbagai cabang olahraga hadir dan berkembang di tengah-tengah masyarakat, namun tak semua olahraga dipentaskan dalam ajang Olimpiade. Meski memiliki beragam olahraga menarik, di belahan bumi tertentu ada pula beberapa olahraga unik dan nyeleneh yang pernah diperlombakan di Olimpiade.

1. Balap kapal motor

Perahu Motor Speedboat

Pada Olimpiade musim panas di London tepatnya pada 1908, ada sebuah olahraga unik yang melibatkan kendaraan bermotor di dalamnya. Ya, olahraga balap kapal menjadi salah satu yang popuer di masa itu. Balapan sendiri terdiri dari lima lap dan harus menempuh lintasan sejauh 8 mil.

2. Lomba lempar lembing dua tangan

Lempar lembing

Olahraga lempar lembing mungkin sudah tidak aneh lagi untuk didengar. Namun pada Olimpiade musim panas 1912 di Stockholm, olahraga ini dilakukan dengan cara yang berbeda. Pasalnya setiap peserta harus melemparkan sebuah lembing menggunakan kedua tangannya secara bersamaan. Setiap peserta mendapatkan tiga kali lemparan dengan tangan kiri dan lemparan dengan tangan kanan mereka. Lemparan terpanjang dari masing-masing tangan akan ditambahkan secara bersamaan untuk mendapatkan jarak total.

3. Lomba panjat tali

lomba panjat tali

Lomba satu ini terlihat sangat unik dan menuntut kekuatan tangan yang sangat besar. Olahraga ini mulai dikompetisikan pada Olimpiade 1896 di Athena. Olahraga dengan nama asing rope climbing ini telah lama berdiri dan sangat populer di seluruh dunia. Saking populernya, olahraga ini menjadi wajib di sekolah-sekolah luar negeri. Setidaknya sekolah di Amerika Serikat masih mengadakan olahraga semacam ini hingga awal 1960-an.

4. Tarik tambang

Tarik tambang

Mungkin olahraga satu ini sering dimainkan masyarakat Indonesia saat merayakan hari kemerdekaan yang jatuh setiap 17 Agustus. Namun nyatanya, olahraga ini telah populer di dunia dan menjadi salah satu olahraga yang diolimpiadekan mulai 1900 sampai 1920. Pada olimpiade di St Louis 1904, tim Amerika Serikat sukses menyapu medali kemenangan. Empat tahun kemudian, tepatnya 1908, Inggris berhasil meraih medali kemenangan ketika berkompetisi di kandangnya sendiri.

5. Menembak burung merpati

burung merpati

Olahraga kali ini mungkin agak kurang manusiawi karena harus melibatkan nyawa makhluk hidup. Namun kompetisi menembak merpati nyatanya pernah menjadi olahraga popular dan cara bermainnya memang cukup sadis. Merpati hidup dilepaskan satu per satu dan para peserta diwajibkan untuk menembak burung sebanyak mungkin. Begitu pesaing melewatkan dua ekor burung, peserta akan tersingkir. Setidaknya hampir 300 ekor burung ditembak dan dibunuh dalam satu pertandingan.


loading...

Tags:
Yoga Saputra
Aku biasa aja sih, hanya anak orang biasa yang suka sama hal-hal yang luar biasa !