8 Rahasia Teknik Catur yang Mematikan

492 views

Catur merupakan permainan mengasah otak yang dimainkan oleh 2 orang pemain yang saling berhadapan. Papan catur memiliki 60 kotak yang berbentuk persegi dan hanya ada warna hitam dan putih pada papan tersebut. Setiap pemain mempunyai 16 buah biji tentara catur, yang terdiri dari 1 buah raja, 1 buah ratu, 2 buah benteng, 2 buah kuncung, 2 buah kuda dan 8 buah pion. Pada kedua pemain dimana tentara ditempatkan seperti lambang huruf (dari a sampai h), sedangkan dua sisi lainya ditandai dengan angka-angka (dari 1 sampai 8).

bermain catur

Maksud dari permainan ini adalah untuk mematikan pergerakan raja (skakmat) dengan menggunakan peraturan dasar catur dan teknik catur yang benar. Sebelum memulai pertandingan catur ada beberapa hal yang harus dipertimbangkan yaitu menyiapkan papan catur, menempatkan posisi tentara pada tempatnya, merancang strategi yang akan digunakan.

Dalam bermain catur sangat membutuhkan strategi dan teknik-teknik dasar catur untuk dalam menyerang pergerakan lawan. Setiap pergerakan tentara mengandung maksud dan tujuan untuk mematikian langkah kita. Berperang strategi saat bermain catur adalah salah satu keseruan tersendiri dan mejadi ciri khas dari permainan catur.

Ketika kamu sedang membutuhkan hiburan dan suasana hati sedang gundah gulana, permainan catur ini sangat cocok untuk dimainkan pada moment-moment tersebut. Maka jika kamu bermain catur, otomatis pikiran-pikiran yang menggangu akan hilang dengan sendirinya.

Pada Artikel ini saya akan membahas tentang teknik bermain catur yang elegan, santai tapi mematikan dengan melakukan strategi yang sulit ditebak oleh lawan. Kefokusan, konsentrasi dan kesabaran dalam membaca gerak-gerik lawan sangatlah dibutuhkan dalam melakukan permainan ini. Dalam bermain catur ini membutuhkan pengalaman dan sense of inteligent yang tinggi dalam melakukan serangan yang gencar.

Teknik Belajar Bermain Catur

permainan catur

Segala hal apapun kita harus mengetahui teknik dan ilmu yang benar agar hasil yang ingin dicapai memuaskan. Hal ini juga berpengaruh didalam bermain catur. Teknik yang anti mainstream harus dipelajari supaya kamu bisa mematikan lawan dengan mudah. Berikut ini adalah beberapa teknik dasar yang harus dipelajari oleh pemain catur pemula:

  1. Awali permainan dengan cara yang elegan, yaitu memulai menggerakan satu pion dengan dua langkah maju ke depan atau bisa juga menjalankan dua buah pion dari sisi pojok kiri dan kanan masing-masing satu langkah.
  2. Sebelum menggerakan gajah alangkah lebih baiknya menjalankan kuda terlebih dahulu. Pergerakan kuda yang zigzag (seperti huruf L) akan lebih mudah mendobrak pertahanan lawan.
  3. Kemudian prioritaskan menggerakan gajah sebelum benteng.
  4. Bila kondisi memungkinkan, dahulukan menjalankan benteng sebelum melangakahkan mentri sebagai penjaga terakhir dari raja.
  5. Sebaiknya pejabat seperti kuda, benteng ataupun gajah harus bisa mempertahankan pion agar tidak banyak termakan oleh pihak lawan. Hal ini berguna disaat permainan memasuki babak-babak akhir.
  6. Pakai teknik menipu lawan atau sergapan yang dapat mematikan gerakan lawan.
  7. Gunakan strategi yang sulit dipahami oleh lawan saat permainan berlangsung
  8. Jika dalam posisi tertekan oleh lawan, tidak masalah merelakan salah satu tentara kamu untuk mendapatkan tentara lawan yang lebih tinggi jabatanya.
Baca Juga :  4 Penyebab Kenapa Orang Kaya Bisa Semakin Kaya

Hindari Hal-hal Berikut Buat Kamu Pemula yang Baru Belajar Bermain Catur

pertandingan catur

Ada beberapa hal yang harus dihindari disaat permainan catur berlangsung agar kamu tidak mengalami kekalahan saat bertanding.

  • Menunda mematikan raja (Skak) lawan, tunggu hingga moment itu tepat di eksekusi. Jika kamu terlalu terburu-buru ingin me-Skak lawan, hal itu akan berdampak buruk pada dirimu sendiri. akibatnya kamu bisa dijebak dan salah satu tentara akan termakan oleh pihak lawan
  • Disarankan untuk menyebarkan prajurit kamu secara terpola dan mempunyai tugas masing-masing yang harus jelas.
  • Jangan lakukan penyerangan terpusat pada satu titik, sehingga semua prajurit berkumpul area yang saling berdekatan. Hal ini akan menyulitkan kamu sendiri dalam melakukan pergerakan.
  • Ingat nyawa pada setiap prajurit berharga, jadi jangan melakukan hal-hal yang konyol sehingga membuat kesalahan sendiri.
  • Ketenangan dan fokus pada permainan merupakan salah satu kunci agar kita bisa memenagkan pertandingan.

loading...

Tipsnesia

Jangan Lewatkan...