Dark Mode
Dark Mode

5 Kesalahan Presepsi yang Masih Dipercaya Hingga Saat Ini



Presepsi atau sudut pandang adalah penilaian seseorang terhadap sesuatu. Bisa orang, bisa suatu kelompok atau mungkin aktivitas manusia. Memang boleh-boleh saja memberikan presepsi sesuai pandangan masing-masing orang berdasarkan isu-isu yang beredar di masyarakat, tapi kita tidak boleh percaya begitu saja tanpa tahu yang sebenarnya.

Karena ternyata, tak semua presepsi yang diyakini kebanyakan orang selama ini, itu benar. Terkadang pendangan orang bisa saja salah dan jauh dari kenyataan. Contohnya seperti beberapa presepsi salah berikut ini.

Baca Juga Artikel Terkait

1. Yahudi Itu Israel

yahudi

Presepsi tentang golongan Yahudi yang sama artinya dengan Israel adalah sebuah pemahaman yang keliru. Karena faktanya, tak semua orang Yahudi adalah orang Israel juga tak semuanya mendukung tindakan-tindakan keji yang dilakukan oleh bangsa Israel.

Orang Yahudi tidak bisa serta merta diidentikan dengan Israel hanya karena faktor sejarahnya saja. Karena golongan Yahudi sendiri adalah golongan yang tidak diikat hanya dalam satu bahasa dan budaya saja. Penganutnya juga terdiri dari berbagai ras manusia. Dewasa ini ada lebih dari 13 juta orang yahudi yang tersebar seluruh dunia.

2. Teroris Itu Islam

teroris

Ini sudah jelas-jelas salah bagi umat Islam. Tapi bagi umat yang beraga lain, pandangan bahwa Islam itu teroris masih saja ada di benak mereka. Hal ini karena adanya oknum-oknum tak bertanggung jawab yang melakukan aksi terorisme dengan dalih jihad di Jalan Allah SWT.

Padahal secara tegas Islam melarang aksi terorisme. Islam adalah agama yang mengajarkan tentang kasih sayang dan keselamatan. Rasulullah SAW bersabda, ” Barang siapa tidak menyayangi manusia, Allah tidak akan menyayanginya. (H.R. Turmudzi). Maka sudah jelas presepsi bahwa islam itu adalah agama teroris merupakan presepsi yang salah kaprah.

3. Cewek Kalah Dengan Cow