Tips Membuat MPASI Bayi yang Tidak Hanya Enak, Melainkan Juga Sehat

ASI eksklusif yang diberikan kepada bayi paling tidak sampai mereka mencapai usia 6 bulan, kemudian bunda bisa menggantinya dengan susu formula, namun tentu ada tambahan menu makanan pendukung atau yang lebih dikenal sebagai MPASI. Pastinya banyak yang sudah tak asing dengan jenis makanan yang satu ini bukan. Banyak dijual di pasaran, namun juga bisa dibuat sendiri di rumah, toh jika dilihat tips membuat MPASI bayi ini juga tak begitu sulit dilakukan.

MPASI

Semua itu bergantung pada selera, mengingat tak jarang juga diantara bunda yang pastinya lebih prefer untuk kesehatan mereka, tak sekedar untuk mengenyangkan, melainkan juga baik untuk kesehatan, sehingga lebih senang membuat sendiri di rumah, kandungan gizi bisa diperhatikan juga beberapa campuran dari bahan yang dipakai untuk pembuatannya. Namun perhatikan juga beberapa hal ini ketika akan membuat MPASI sendiri di rumah, diantaranya adalah:

  1. Sebaiknya buat menu makanan yang lumat atau mudah dicerna, karena pada dasarnya bayi belum memiliki gigi yang dapat digunakan untuk mengunyah, maka tidak bisa dipungkiri jika seandainya mereka meniadakan jenis pencernaan mekanik yaitu mengunyah, hanya jenis makanan tertentu yang lembut atau mudah dicerna saja bisa dikonsumsi.
  2. Jangan ditambah menggunakan bahan penyedap rasa, jika ingin rasa yang gurih, maka salah satu cara terbaik adalah dengan menggunakan kaldu untuk MPASI, jangan menggunakan bahan lain semacam penyedap rasa yang banyak dijual di pasaran, karena meskipun bisa membuat rasa semakin gurih, namun efek jangka panjangnya untuk kesehatan tidak terlalu baik, sehingga jangan ditambah dengan penyedap, rasa gurih alami bisa didapatkan dari kaldu ayam atau ikan.
  3. Perhatikan jumlah gula yang ditambahkan ke menu makanan Anda, hindari menambahkan terlalu banyak gula, karena bisa memicu resiko diabetes pada si kecil.

Mudah bukan, untuk beragam pilihan menu MPASI nikmat bisa Anda temukan secara mudah di Guesehat, menu MPASI guesehat yang kreasinya kekinian dan pastinya akan sangat disukai oleh buah hati.


loading...

Amel Widya
Gak ah, biar pada penasaran... Hehehe...