Inilah Manfaat Kaktus Bagi Manusia

1650 views

Pernahkah kamu melihat tanaman kaktus? Jika iya, tahukah kamu bagaimana asal mula kaktus tumbuh dan apa manfaatnya bagi manusia?

Kaktus adalah salah satu tanaman berduri yang bisa tumbuh tanpa disiram secara rutin seperti halnya tanaman lain. Oleh karena itu, tanaman ini bisa tumbuh di gurun pasir dengan udara yang sangat panas sekali pun.

Tanaman kaktus memiliki akar yang panjang sehingga bisa masuk ke dalam tanah untuk memperoleh air yang nantinya akan diserap oleh batang kaktus. Duri-duri yang terdapat pada tubuh tanaman kaktus merupakan daun yang berbentuk seperti itu agar bisa mengurangi penguapan air dan bisa melindungi tanaman dari pemangsa.

Tanaman ini ditemukan pada abad ke-16 dengan sebagian besar jenis tanaman ini berasal dari Amerika Utara, Amerika Tengah, dan Amerika Selatan. Tanaman ini dinamakan kaktus oleh seorang ahli pertanian asal Swedia yang bernama Carl Linnaeus. Kaktos dalam bahasa Yunani memiliki arti “tanaman liar yang berduri”.

Manfaat Tanaman Kaktus

Nah, setelah mengetahui asal-usul tanaman ini, yuk kita cari tahu apa sih manfaat tanaman ini sebenarnya!

Tanaman kaktus memang kebanyakan digunakan sebagai tanaman hias. Namun, ada juga satu spesies tanaman kaktus yang bisa dimanfaatkan oleh manusia. Jenis tanaman ini dinamakan dengan spesies Opuntia. Tanaman spesies Opuntia memiliki buah yang bisa diolah menjadi selai dan batang yang bisa dimasak menjadi batang kaktus goreng, batang kaktus kukus, dan acar asam manis.

Selain itu, ada juga tanaman kaktus Carnegiea Gigantean yang bisa dibuat sebagai bahan dasar pembuatan tepung dan roti. Hebat kan tanaman kaktus ini?


loading...

Tags:
Wanwan Max
Hanyalah orang biasa (bukan luar biasa), pendiam (tapi banyak omong), suka hal-hal yang menarik (ya iya lah, kalo gak menarik gak mungkin suka dong...), dan asik juga kalo diajak ngobrol (kalo udah kenal sih....) apalagi diajak makan-makan bareng... Hehehe... (tapi dibayarin)