Arti Warna Air Kencing

1553 views

Umumnya warna urin ditentukan oleh besarnya DIURESIS ( Peningkatan pembentukan kencing ). Makin besar diuresis, makin muda warna urin. Warna normal urin berkisar antara kuning muda hingga kuning tua. warna itu di sebabkan oleh beberapa macam zat, terutama UROCHROM dan UROBILIN.

Jika contoh urin bukan dalam gradasi kuning, bisa disebut abnormal, sehingga perlu pemeriksaan lebih lanjut.

Meski demikian warna abnormal juga belum tentu karena penyakit berat.Bisa saja disebabkan hasil metabolisme abnormal yang berasal dari suatu jenis makanan atau obat2an.

Berikut warna yang berkaitan dengan warna urin :

1. KUNING

Zat warna normal dalam jumlah besar: Urobilin, Urochrom

Zat Warna abnormal : Bilirubin

Pengaruh obat2 : Santonin, riboflavin, atau pengaruh permen

Indikasi penyakit : tidak ada ( normal )

2. HIJAU

Zat warna normal dalam jumlah besar: indikan ( indoxilsulfat )

Pengaruh obat2 : methyleneblue, evan's blue

Indikasi penyakit : obstruksi ( penyumbatan usus kecil )

3. MERAH

Zat warna normal dalam jumlah besar: uroerythrin

Zat warna abnormal: hemoglobin, porfirin, porfobilin

Pengaruh obat-obat: santonin, amidopyrin, congored atau juga zat warna makanan

Indikasi penyakit: glomerulonevitis nefitit akut ( panyakit ginjal ), kanker

kandung kencing

4. COKELAT

Zat warna normal dalam jumlah besar: urobilin

Zat warna abnormal: bilirubin, hematin, porfobilin

Indikasi penyakit: hepatitis

5. COKELAT TUA/ HITAM

Zat warna normal dalam jumlah besar : indikan

Zat warna abnormal: darah tua, alkapton, melamin

Pengaruh obat2: derivat, fenol, argyrol

Indikasi penyakit: sindroma nefrotika ( penyakit ginjal )

6. SERUPA SUSU

Zat warna normal dalam jumlah besar: fosfat, urat

Zat warna abnormal: pus, getah prostat, chylus, zat2 lemak, bakteri2, protein yang

membeku

Indikasi penyakit : Infeksi saluran kencing, kebocoran kelenjar limfa

Banyak yang tanya kalo bening itu gimana??? Itu malah bagus kok...tenang aja...itu nandain kadar racun didalam tubuh 85% hilang.

Intinya harus banyak minum.

 

@andaikatacom


loading...

Tags:
Wanwan Max
Hanyalah orang biasa (bukan luar biasa), pendiam (tapi banyak omong), suka hal-hal yang menarik (ya iya lah, kalo gak menarik gak mungkin suka dong...), dan asik juga kalo diajak ngobrol (kalo udah kenal sih....) apalagi diajak makan-makan bareng... Hehehe... (tapi dibayarin)