Cara Obati Mual dan Muntah pada Anak

489 views

mual pada anak

Orangtua mana yang tak akan khawatir bila anak kesayangan sakit. Terutama sakit mual dan muntah, yang tentu saja mengkhawatirkan. Ada beberapa obat muntah anak di apotik memang yang bisa didapatkan. Meskipun sama saja seperti ketika mendapatkan obat seperti obat polip hidung modexa, obat muntah untuk anak pun tak bisa dibeli begitu saja.

Sebelum memutuskan untuk membeli obat muntah anak di apotik, satu hal yang penting tentu saja memastikan lebih dulu kondisi anak. Bila tak terlalu parah dan tak memperlihatkan tanda-tanda bahaya, ada beberapa cara tersendiri untuk mengatasi  mual dan juga muntah pada anak. Tentunya bila keadaan parah memang sangat penting untuk membawa anak ke rumah sakit.

Berikut ini merupakan beberapa cara untuk mengatasi mual dan muntah pada anak.

1. Pastikan anak tak dehidrasi

Memastikan anak tak mengalami dehidrasi saat mual dan muntah memang sangat penting. Dehidrasi memang bisa menyebabkan anak alami mual dan muntah. Selain itu juga, mual dan muntah pun bisa menyebabkan anak mengalami dehidrasi. Kedua hal ini bisa menjadi nyaris sama bahayanya untuk kesehatan anak.

Memastikan anak tak mengalami dehidrasi merupakan satu hal penting. Sehingga sangat wajib untuk memberikan minuman berelektrolit serta mengandung vitamin C demi memastikan anak tak akan alami dehidrasi nantinya. Selain itu pastikan juga anak selalu minum air putih sebanyak mungkin saat alami mual dan juga muntah.

2. Berikan makanan yang mudah dicerna

Makanan yang mudah dicerna pun tak kalah penting. Beberapa makanan seperti bubur atau pun sup dianggap tepat diberikan saat anak mengalami mual atau pun muntah. Salah satunya karena saat mual dan muntah, anak akan merasa tidak nyaman pada pencernaan mereka. Sehingga akhirnya bisa menyebabkan munculnya penyakit lain.

Mual dan muntah pada anak juga kerap kali membuat buah hati tak nafsu makan. Padahal memastikan nutrisi tetap terpenuhi ketika sakit merupakan hal yang penting. Untuk itu makanan seperti bubur, craker, oatmeal dan sup bisa diberikan saat anak muntah.

 


---

Baca Selanjutnya...

Tags:
Amel Widya
Gak ah, biar pada penasaran... Hehehe...