Cara Menghindari Pergaulan Bebas

1077 views

Pergaulan bebas merupakan perilaku-perilaku yang menentang norma yang ada. Di era modern seperti sekarang ini tiap orang mudah sekali untuk terjerumus ke dalam pergaulan bebas. Orang-orang yang sudah terjerumus biasanya akan berperilaku di luar batas kewajaran.

Pada umumnya, kelompok usia yang paling mudah terjerumus adalah kelompok usia remaja. Karena pada umumnya anak-anak remaja belum memiliki kematangan intelektual dan psikologis. Mereka sering kali senang mencoba hal baru yang oleh teman-temannya dianggap keren. Dengan kata lain mereka senang bereksperimen tanpa memikirkan lebih dahulu dampak negatifnya.

Namun, tidak menutup kemungkinan kelompok dari usia dewasa juga terjerumus ke dalam pergaulan bebas. Oleh karena itu ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan dan lakukan agar terhindar dari pergaulan bebas berikut ini :

Pilih - Pilih Teman

Yang dimaksud dengan pilih-pilih teman adalah menyeleksi teman berdasarkan perilakunya. Teman yang baik adalah teman yang mengajak kamu kepada kebaikan dan mengingatkan kamu jika berbuat salah. Teman dan lingkungan sangat berpengaruh kepada perilaku kita sehari-hari. Namun bukan berarti kamu harus menjauhi teman yang sudah terlanjur masuk ke pergaulan bebas.

Jika kamu kebetulan memiliki teman yang memiliki tanda-tanda berperilaku menyimpang. Maka ajak dia untuk kembali ke jalur yang benar. Seandainya ia mengajakmu untuk ikut-ikutan terlibat ke dalam pergaulan bebas. Lebih baik perlahan jauhi teman tersebut.

Sibukan Diri dengan Kegiatan Positif

Cara yang satu ini selain dapat membuatmu terhindar dari pergaulan bebas. Tapi juga dapat membuatmu lebih produktif. Pada umumnya ketika kamu berhasil untuk prodiktif dan sudah mencapai sesuatu maka kamu akan mendapatkan sense of accomplishment yang akan membuatmu merasa lega dan bahagia. Jadi daripada bermalas-malasan atau melakukan sesuatu yang tidak penting.

Lebih baik sibukan harimu dengan melakukan kegiatan yang baik seperti bergabung dalam suatu komunitas sosial atau komunitas bahasa. Kerika kamu sibuk dengan hal-hal yang baik. Maka kamu tidak akan sempat untuk terjerumus dalam pergaulan bebas yang tidak bertanggung jawab.

Memperdalam Agama

Dengan memperdalam agama sesuai dengan kepercayaan masing-masing, kemungkinan untuk terjerumus ke dalam pergaulan bebas akan lebih kecil. Ketika kamu memperdalam agama maka keimananmu akan meningkat seiring dengan bertambahnya pemahamanmu akan agama yang kamu pegang. Memperdalam agama juga berdampak positif bagi hati dan pikiranmu. Pikiran dan hati akan menjadi lebih tenang dan damai.

Batasi Jam ke Luar Rumah

Meskipun kamu sudah dewasa dan berhak untuk berada di luar rumah selama yang kamu inginkan. Namun lebih baik batasi jam keluar rumah. Karena lingkungan di luar rumah akan sangat berpotensi merusak pergaulanmu. Mungkin saja kamu sudah memiliki teman dan sahabat-sahabat yang baik. Tapi siapa tahu di jalan kamu bertemu dengan seorang kenalan yang menawari untuk memakai narkoba.


loading...

Wanwan Max
Hanyalah orang biasa (bukan luar biasa), pendiam (tapi banyak omong), suka hal-hal yang menarik (ya iya lah, kalo gak menarik gak mungkin suka dong...), dan asik juga kalo diajak ngobrol (kalo udah kenal sih....) apalagi diajak makan-makan bareng... Hehehe... (tapi dibayarin)