Tips Aman Meninggalkan Rumah Saat Mudik Lebaran

527 views

mengunci rumah

Mudik merupakan tradisi yang paling ditunggu-tunggu oleh setiap mereka yang tinggal di perantauan. Tak heran jika setiap lebaran jumlah pemudik yang kembali ke kampung halaman sangatlah banyak, karena memang momen lebaran merupakan momen yang paling pas untuk pulang ke kampung halaman. Indonesia memiliki beberapa moda transportasi yang dapat dipilih oleh para calon pemudik, dan salah satu moda transportasi yang cukup diminati adalah Kereta Api. Penjualan tiket kereta api untuk lebaran sudah dibuka sejak H-90 keberangkatan dan biasanya langsung habis terjual. Banyaknya minat calon pemudik yang ingin menggunakan jasa angkutan kereta api membuat PT. Kereta Api Indonesia (KAI) menyediakan tiket kereta tambahan lebaran 2019, hal ini sebagai upaya dari PT.KAI untuk memenuhi permintaan calon pemudik. Mudik dengan menggunakan kereta api memang sangat menyenangkan jika dibandingkan dengan angkutan darat, karena kalian akan terbebas dari kemungkinan terjebak kemacetan. Menjaga keamanan rumah saat ditinggal mudik juga harus dijadikan prioritas, karena rumah yang ditinggalkan kosong selama beberapa hari sangat rentan musibah baik musibah dari oknum yang tidak bertanggung jawab atapun musibah yang disebkan oleh kelalaian si pemilik rumah. Beberapa hal yang harus diperhatikan agar rumah tetap aman ketika ditinggal mudik adalah:

1. Mengecek Semua Kunci

Sebelum meninggalkan rumah, kalian harus banget nih memastikan bahwa semua pintu dan jendela sudah dikunci, jangan sampai ada satupun pintu dan jendela yang lupa dikunci karena hal ini tentunya akan meningkatkan resiko hal-hal yang gak diinginkan terjadi dirumah ketika kalian tinggalkan.

2. Pasang CCTV

Dijaman sekarang, bukan hanya kantor dan apartemen aja yang dipasangi CCTV, tapi banyak juga rumah yang sudah memiliki CCTV. Hal ini tentunya untuk memantau keamanan yang ada dilingkungan sekitar rumah. Peletakan CCTV ada baiknya yang mudah terlihat, agar jika ada orang yang berniat jahat dirumah akan sedikit merasa takut karena tau kalau aksinya terekam oleh kamera CCTV.

3. Matikan Aliran Listrik

Beberapa musibah kebakaran terjadi karena adanya hubungan arus pendek listrik, makanya memeriksa aliran listrik sebelum berpergian tentunya adalah hal yang harus diutamakan. Sebelum pergi sebaiknya kalian mencabut aliran listrik ke benda-benda yang sekiranya tidak perlu, seperti TV, Kulkas ataupun mesin cuci. Selain itu, mencabut selang gas dari kompor juga sangat dianjurkan supaya gak akan ada kebocoran gas yang dapat menyebabkan kebakaran.

4. Lapor Ke Petugas Berwenang

Sebelum mudik lebaran sebaiknya kalian memberitahukan ke RT atau RW kalau kalian akan mudik, jadi pihak dari RT dan RW dapat meningkatkan penjagaan disekitar rumah kalian. Dengan menginformasikan kepada pihak berwenang, setidaknya kalian akan merasa sedikit lega karena jika kalian khawatir akan keadaan rumah, kalian bisa menanyakannya kepada RT atau RW di lingkungan tempat tinggal kalian.

Nah, itulah 4 hal yang harus diperhatikan supaya rumah tetap aman ketika ditinggal mudik lebaran. Untuk kalian yang masih mencari tiket kereta tambahan lebaran 2019, kalian bisa coba mengunjungi website nya Mister Aladin, dan dapatkan beragam promo menarik dari Mister Aladin.


loading...

Yoga Saputra
Aku biasa aja sih, hanya anak orang biasa yang suka sama hal-hal yang luar biasa !

Jangan Lewatkan...