Mengintip Sangga Buana, Tempat Para Prajurit Tangguh KOSTRAD TNI-AD Dilahirkan

Negara yang besar haruslah memiliki sumber daya yang kuat pula. Sumber daya tersebut terdiri dari kemampuan warga negaranya dan semua unsur dalam menjaga dan mempertahankan wilayah negara dari serangan pihak luar. Dan salah satu unsur utama dalam menjaga keamanan dan pertahanan wilayah negara adalah militer dari negara tersebut. Anggota militer juga tidak sembarangan, mereka adalah orang-orang pilihan yang memiliki kemampuan yang lebih dibanding yang lain.

Begitu juga dengan negara kita. Sejak dulu tentara dan militer kita dikenal tangguh dalam berbagai kondisi serta dikenal luas oleh dunia. Salah satunya adalah prajurit Komando Strategis Angkatan Darat (KOSTRAD). Sejak masa pendidikan mereka di gembleng dengan disiplin tinggi, mereka mendapatkan pendidikan menjadi prajurit tangguh salah satunya Sangga Buana yang berada di wilayah Karawang, Jawa Barat. Seperti apa ya Sangga Buana ini?, ini dia beberapa fotonya.

tni ad

Prajurit KOSTRAD dikenal luas karena kemampuan teknisnya di lapangan pulsker. Sudah banyak operasi militer maupun non-militer yang dijalankan satuan ini. Prajurit KOSTRAD adalah seorang prajurit sejati yang siap sedia kapan saja demi kepentingan bangsa. Inilah tampang sangar prajurit KOSTRAD saat menjalani latihan di Sangga Buana.

pusat-pelatihan-militer-sangga-buana

Sebagai pusat pelatihan militer, Sangga Buana memiliki luas sekitar 500 hektar. Selain sebagai latihan tentara tempat ini juga digunakan untuk kepentingan umum. Tapi bukan untuk camping atau rekreasi, namun sebagai tempat pelatihan dan pengembangan diri serta pembentukan karakter. Pelatihnya pun prajurit KOSTRAD nih, jadi jangan main-main yaaa...

pusat-pelatihan-militer-sangga-buana

Sangga Buana memiiliki sarana latihan yang digunakan untuk meningkatkan kecakapan prajurit KOSTRAD. Salah satunya adalah halang rintang yang menjadi materi pendidikan wajib bagi para prajurit KOSTRAD. Melintasi papan dengan lebar hanya 30 sentimeter ini bukan hal yang mudah.

pusat-pelatihan-militer-sangga-buana

Selain itu kemampuan memasuki garis depan musuh juga menjadi materi wajib. Salah satunya adalah bagaimana bertahan menghadapi gempuran musuh dan peluru yang berterbangan dengan merangkak diantara lumpur. Ketangkasan adalah kunci utamanya dalam melakukan hal ini.

pusat-pelatihan-militer-sangga-buana

Pelatihan yang tak boleh dilewatkan dan wajib bagi prajurit KOSTRAD adalah latihan intai tempur. Selain itu juga pelatihan pertempuran hutan, mobilisasi udara dan anti gerilya. Ini dia suasana saat prajurit KOSTRAD sedang melakukan latihan intai tempur.

pusat-pelatihan-militer-sangga-buana

Kamuflase adalah hal yang utama dalam pengintaian musuh. Tujuannya agar tidak diketahui musuh dan semirip mungkin dibuat seperti objek disekitarnya. Tak hanya pakaian, wajah pun harus dicoreng dengan warna hitam dan hijau.

pusat-pelatihan-militer-sangga-buana

Setelah melalui proses panjang pendidikan yang penuh dengan disiplin tinggi prajurit KOSTRAD siap ditugaskan sesuai misi dan operasi satuan.


loading...

Yoga Saputra
Aku biasa aja sih, hanya anak orang biasa yang suka sama hal-hal yang luar biasa !