Gunung Huaguo, Tempat Kelahiran Monkey King “Sun Go Kong” di Cina

Cerita mengenai legenda raja kera Sun Go Kong memang sangat fenomenal. Cerita tersebut pun tak hanya populer di negara Cina, namun juga turut terkenal di negara lain. Termasuk di Indonesia, yang bahkan beberapa versi film serialnya pernah tayang di televisi tanah air. Jadi tidak mengherankan kalau nama Sun Go Kong alias Monkey King juga sangat familier di telinga masyarakat tanah air.

Gunung Huaguo

Gunung Huaguo

Meskipun cerita Journey to the West yang di dalamnya menceritakan tokoh utama Monkey King adalah sebuah cerita novel, ternyata tempat-tempat yang ada di cerita tersebut sebagian adalah kenyataan.

Bagi yang ngefans dengan sosok Monkey King, tentu sangat paham mengenai gunung yang satu ini. Gunung Huaguo ini merupakan lokasi kelahiran dari Sun Go Kong. Dalam cerita Journey to the West, Gunung Huaguo merupakan sebuah tempat yang ditinggali oleh berbagai jenis siluman serta kera. Dan kera-kera yang ada di Gunung Huaguo mengakui sosok Sun Go Kong sebagai raja mereka.

Gunung Huaguo ini sendiri terletak di daerah bernama Yuntai, sekitar tujuh kilometer dari kota Lianyungang di Pronvinsi Jiangsu. Sekilas mengenai kota Lianyungang, tempat ini merupakan sebuah kota pelabuhan internasional. Dari kota ini, perdagangan melalui laut bisa dilakukan, terutama perdagangan dengan negara Jepang serta Korea Selatan. Selain itu, Lianyungang ini juga dikenal sebagai City of Fantasy and Romance berkat pantai serta pemandangan indahnya.

Kembali ke cerita Gunung Huaguo, tempat ini juga terkenal sebagai salah satu daerah wisata yang cukup populer di Provinsi Jiangsu. Tentu saja popularitas Gunung Huaguo ini tak terlepas dari cerita Sun Go Kong. Terlebih novel Journey to the West mempunyai popularitas yang tinggi dan diadaptasi menjadi berbagai jenis cerita, baik melalui televisi ataupun komik.

Gunung Huaguo ini juga mempunyai pemandangan yang menarik. Ketinggian gunung ini memang tidak seberapa ya, yakni hanya 625 meter di atas permukaan laut. Sangat jauh kalau dibandingkan dengan ketinggian gunung di Indonesia seperti Gunung Semeru yang mencapai ketinggian 3.676 meter di atas permukaan laut.

Selain itu, Gunung ini juga terkenal dengan pemandangannya yang indah. Dan tak seperti gunung di Indonesia, tempat ini mempunyai banyak puncak. Bayangkan saja, Gunung Huaguo yang mencakup area seluas 84,3 kilometer ini mempunyai sebanyak 136 puncak. Bisa dibayangkan kalau seorang pecinta alam mendaki setiap puncak yang ada di gunung ini, 🙂

Dengan ketinggian hanya 625 meter di atas permukaan laut, Gunung Huaguo ini pun menjadi lokasi wisata yang cukup mudah untuk dijangkau para wisatawan. Ditambah lagi, akses transportasi menuju ke sana juga cukup mudah, hal ini karena terdapat sebuah terminal bus yang bernama Huaguashanjingqu Station.

Patung kepala Sun Go Kong

Patung kepala Sun Go Kong

Di Gunung Huaguo ini pun terdapat berbagai patung tokoh dalam cerita Journey to the West. Termasuk di antaranya adalah patung kepala Sun Go Kong. Selain keberadaan patung-patung tersebut, Gunung Huaguo ini juga mempunyai beberapa tempat menarik. Tentu saja tempat-tempat itu juga masih berhubungan dengan Sun Go Kong.

Water Curtain Cave

Nah, gua ini konon merupakan gua tempat tinggal Sun Go Kong selama di Gunung Huaguo. Tempat ini adalah lokasi wisata yang paling populer di Huaguo. Dan seperti di cerita Sun Go Kong, gua ini tertutup oleh keberadaan sebuah air terjun

Gua Sun Go Kong Water Curtain Cave

Gua Sun Go Kong Water Curtain Cave

Di dalam gua ini juga terdapat sebuah kolam yang disebut dengan nama Lingquan Spring. Menariknya, kolam tersebut ternyata tak pernah kering lho. Sebagai tambahan, di dalam gua ini juga terdapat berbagai ukiran kuno termasuk salah satunya adalah sebuah ukiran yang ditulis oleh Kaisar Dinasti Qing Daoguang.

South Gate of Heaven

Seperti namanya, South Gate of Heaven ini merupakan sebuah pintu yang digunakan untuk menuju ke kahyangan. Sun Go Kong pun menggunakan pintu ini pada saat mengalami kesulitan dan ingin meminta pertolongan dari para dewa di kahyangan.

Puncak Yunv

Puncak Yunv

Puncak Yunv

Puncak Yunv yang berada di ketinggian 624,4 meter di atas permukaan laut merupakan tempat tertinggi yang ada di Provinsi Jiangsu. Dari puncak ini, para traveler pun bisa menyaksikan pemandangan sunset yang menakjubkan. Pemandangan di tempat ini pun sangat indah dan menjadi salah satu lokasi yang romantis di kota Lianyungang

San Yuan Palace

Istana Sanyuan

Istana Sanyuan

Tempat berikutnya yang menjadi daya tarik dari Gunung Huaguo adalah San Yuan Palace. Bangunan ini merupakan bangunan tertua yang ada di Gunung Huaguo serta peninggalan dari Dinasti Tang. Di dalam bangunan ini terdapat tiga patung yang merepresentasikan Dewa Kahyangan, Bumi serta Dewa Air.


loading...

Yoga Saputra
Aku biasa aja sih, hanya anak orang biasa yang suka sama hal-hal yang luar biasa !

Jangan Lewatkan...