8 Wisata di Pacitan yang Wajib Dikunjungi saat Akhir Pekan

1148 views

Pacitan, sebagai salah satu Kabupaten dengan anugerah alam yang menawan, wisata Pacitan kini telah menjadi salah satu primadona di Jawa Timur. Terletak di ujung barat daya Jawa Timur, Kabupaten Pacitan merupakan daerah pegunungan kapur yang kurang cocok untuk pertanian. Namun jangan salah, kontur tersebut justru membuat Pacitan memiliki hamparan pantai-pantai yang menakjubkan, goa-goa dengan batuan yang indah, dan masih banyak wisata alam lainnya.

Berikut adalah 8 rekomendasi wisata Pacitan yang wajib Anda kunjungi akhir pekan ini:

1. Goa Gong

Goa Gong Pacitan

Goa Gong Pacitan

Pacitan dikenal dengan sebutan Kota Seribu Goa. Hal ini dikarenakan Pacitan memiliki banyak obyek wisata goa dengan panorama yang indah, salah satu yang paling terkenal adalah Goa Gong. Goa ini erat kaitannya dengan salah satu perangkat musik dalam gamelan yaitu Gong. Batuan di Goa ini jika ditabuh/dipukul akan menimbulkan suara yang mirip seperti suara gong.

Lokasi: Desa Bomo, Kecamatan Purung Donorejo, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur.

2. Goa Tabuhan

Goa Tabuhan Pacitan

Goa Tabuhan Pacitan

Terletak sekitar 25 km dari pusat Kabupaten Pacitan, di Goa ini Anda bisa menikmati keindahan stalakmit dan stalaktit yang ada di dinding Goa. Dari stalakmit dan stalaktit tersebut, Anda dapat menikmati suara tabuhan gamelan yang menghasilkan nan nada yang indah.

Lokasi: Dusun Tabuhan, Desa Wereng, Kecamatan Punung, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur.

3. Pantai Klayar

Pantai Klayar Pacitan

Pantai Klayar Pacitan

Jika Anda hanya punya waktu seharituk mengunjungi Pacitan, mungkin Anda akan kebingungan untuk memilih wisata pantai di Pacitan ya harus dikunjungi, karena Pacitan memiliki hamparan pantai yang luas yang semuanya indah! Namun satu yang harus masuk dalam daftar perjalanan Anda di Pacitan adalah Pantai Klayar. Di Pantai Klayar, Anda akan menikmati hamparan pasir putih yang luas dan air laut yang biru jernih. Dari batu-batu karang di tepiannya, wisatawan dapat mendengar suara yang menyerupai seruling, saat ombak-ombak menerpa batu karang. Di sisi lain Pantai Klayar, Anda juga dapat menikmati pemandangan Pantai Klayar dari puncak bukit.

Lokasi: Desa Kalak, Kecamatan Donorejo, Kabupaten Pacitan.

4. Pantai Banyu Tibo

Pantau Banyu Tibo Pacitan

Pantau Banyu Tibo Pacitan

Lokasinya yang tidak jauh dari Pantai Klayar, bisa Anda jadikan referensi sebagai tempat yang harus Anda kunjungi setelah Anda mengunjungi Pantai Klayar. di Pantai ini, mungkin Anda akan sedikit susah untuk bermain air, namun panorama yang disuguhkan tidak main-main. Anda akan melihat air terjun dengan ketinggian kurang lebih 10 meter di tepian pantai, yang airnya langsung mengalir ke pantai. Dari ketinggian, Anda dapat menyusuri karang di sepanjang pantai dan menikmati panorama ombak yang mengagumkan.

Lokasi: Desa Widoro, Kecamatan Donorejo, Kabupaten Pacitan.

5. Pantai Watu Karung

Pantai Watu Karung Pacitan

Pantai Watu Karung Pacitan

Jika Pantai Klayar terkenal karena hamparan pasir putih dan fenomena seruling samuderanya, Pantai Watu Karung dikenal akan keganasan ombaknya. Ombak yang ganas inilah yang justru menjadi favorit para peselancar. Namun demikian, bagi Anda yang tidak ingin berselancar, kami tetap merekomendasikan tempat ini untuk dikunjungi, karena suasananya relatif sepi dan hamparan pasir putih yang cantik. Maka tidak salah jika Anda ingin menghabiskan waktu di Pantai ini sambil duduk-duduk santai.

Lokasi: Kecamatan Pringkuku, Kabupaten Pacitan.

6. Pantai Srau

Pantai Srau Pacitan

Pantai Srau Pacitan

Lokasi Pantai Srau masih berdekatan dengan Pantai Watu Karung, yang membuat Pantai Srau juga mempunyai panorama yang tidak kalah indahnya dengan Pantai Watu Karung. Di Pantai Srau, terdapat kawasan dengan pasir putih yang lembut, kawasan dengan pasir yang lebih kasar, dan kawasan dengan batu-batuan karang. Di Pantai ini, Anda dapat berenang, berselancar, atau sekedar bersantai menikmati pemandangan sambil menyantap makanan yang dijual oleh pedagang setempat.

Lokasi: Desa Candi, Kecamatan Pringkuku, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur.

7. Pantai Teleng Ria

Pantai Teleng Ria Pacitan

Pantai Teleng Ria Pacitan

Sebagai salah satu Pantai yang menjadi favorit di Pacitan, boleh dibilang jika Pantai Teleng Ria cocok untuk dijadikan tempat berlibur Anda bersama keluarga. Letaknya yang tidak jauh dari pusat Kabupaten Pacitan dan ombaknya yang tidak begitu besar, membuat pantai inselalu ramai pengunjung. Apalagi dengan adanya Tempat Pelelangan Ikan (TPI) di apantai ini, membuat Anda juga dapat membeli seafood segar langsung dari para nelayan.

Lokasi: Kelurahan Sidoharjo, Kecamatan Pacitan, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur.

8. Wisata Sungai Maron

Wisata Sungai Maron Pacitan

Wisata Sungai Maron Pacitan

Selain goa dan pantai, di Pacitan Anda juga dapat menikmati wisata susur sungai di Sungai Maron. Air yang jernih dan dikelilingi oleh hijaunya pepohonan, menambah suasana tenang dan asri, yang akan memberikan pengalaman berbeda dari wisata Anda di Pacitan.

Cara terbaik untuk menikmati Green Canyon-nya Pacitan ini, adalah dengan menyewa perahu penduduk dan menyusuri sungai sepanjang beberapa kilometer. Biaya untuk sewa perahu berkisar antara 100 – 150 ribu rupiah.

Lokasi: Desa Dersono, Kecamatan Pringkuku, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur.


loading...

Yoga Saputra
Aku biasa aja sih, hanya anak orang biasa yang suka sama hal-hal yang luar biasa !