6 Fakta Menarik Seputar Gelaran Balap MotoGP

669 views

Gelaran balap motor yang satu ini memang tak henti-hentinya memberikan berbagai kejutan dan keseruan. Aksi para riders kelas dunia ini selalu ditunggu-tunggu oleh para penggemarnya ketika beraksi dengan tunggangannya, hal ini kebukti dari selalu ramainya gelaran balapan MotoGP dengan ditonton oleh banyak pasang mata baik yang nonton secara langsung di sirkuit ataupun yang nonton nangkring di depan TV.

Dari balapan MotoGP di berbagai sirkuit, berikut ini adalah rangkuman berbagai fakta unik yang terjadi dari awal sampai gelaran race selesai, cek langsung di bawah ini !

1. Penonton Dengan Atribut Rider Idola

penonton moto GP

Gelaran MotoGP tak hanya menyoroti sepak terjang riders dalam melibas track balapan, tetapi penonton yang hadir untuk nonton secara langsung dari tribun juga patut kita sorot, karena mereka rela dari jauh-jauh hadir demi menyaksikan riders idola beraksi. Dengan tak ketinggalan merekapun mengenakan berbagai atribut rider’s idola, seperti Kaos, topi, ataupun memegang bendera sambil bersorak ngedukung riders idolanya masing-masing.

2. Umbrella Girl Yang Bening-Bening

gadis payung moto GP

Tak bisa dipungkiri kalo gelaran MotoGP memang selalu menghadirkan pemandangan yang luar biasa, salah satunya pasti bakalan betah mantengin balapan motor yang satu ini karena ada kehadiran Umbrella Girl yang kece nan bening ! Umbrella Girl yang biasanya mengenakan pakaian yang terbilang sexy ini setia mendampingi riders sebelum dimulai, pasti kalian juga pada pingin nonton langsung MotoGP biar bisa ngelihat Umbrella Girl, ya kan?

3. Pelindung Pembalap MotoGP Tak Kalah Sama Superhero

pelindung pembalap moto GP

Pakaian yang dikenakan riders MotoGP wajib memberi perlindungan yang ekstra pada pebalap, kalo pas jatuh dari motor dengan kecepatan tinggi. Maka wajib ada perlindungan yang baik di area bahu, siku, lengan, sarung tangan, jari-jari dan di sekitar telapak tangan. Selain itu, riders MotoGP juga punya pelindung dada, punggung, pinggul, tulang kering, dan perlindungan lutut yang lebih lengkap daripada yang dipakai sama Superhero !

4. Baju Pembalap Yang Ringan

jaket moto GP

MotoGP ini merupakan olahraga yang bikin capek, pasalnya tak cuma urusan nge-gas motor doang! Tetapi juga perpaduan antara fisik dan otak yang kerjasama. Belum lagi kondisi track sirkuit yang terkadang sangat panas. Kebayang kan, pastinya tak bisa kalo pake baju yang agak berat kayak jaket, makanya baju pebalap didesain untuk riders dengan terbuat dari kulit kanguru karena kulit kanguru lebih ringan, fleksibel dan lebih kuat untuk dipakai oleh riders.

5. Salip Menyalip

balapan moto gp

Inilah bagian seru dan unik dari gelaran balap MotoGP yang memang selalu kasih tontonan yang bisa ngehibur para penonton di sirkuit ataupun yang mantengin dari siaran TV. Momen salip menyalip jadi hal yang unik dan seru demi usaha seorang riders agar bisa berada di posisi terdepan, tak jarang dalam pertarungan merekapun terkadang ada yang sampai terjatuh.

6. Pembalap Bisa Minum Sambil Balapan

kostum pembalap moto GP

Baju balap dan helm riders MotoGP dirancang dengan punya sistem ventilasi agar pembalap tidak cepat kehilangan cairan tubuh. Selain itu, baju balap juga dirancang agar bisa membawa botol minuman yang disambungkan ke helm agar bisa diminum saat balapan. Keren kan !

Itulah tadi sederet fakta menarik yang bisa ditemukan ketika gelaran balap MotoGP, seru banget ya bikin pengin nonton ke sirkuit.

umbrella girls moto gp suzuki

MISANO ADRIATICO, ITALY : Alvaro Bautista of Spain and Rizla Suzuki MotoGP (with new colours) poses with grid girls on the bike before the end of the MotoGP race of the MotoGP of San Marino at Misano World Circuit in Misano Adriatico, Italy. (Photo by Mirco Lazzari gp/Getty Images)


loading...

Yoga Saputra
Aku biasa aja sih, hanya anak orang biasa yang suka sama hal-hal yang luar biasa !