Manfaat dan Khasiat Mengonsumsi Pisang

1442 views

Pisang adalah nama umum yang diberikan pada tumbuhan terna raksasa berdaun besar memanjang dari suku Musaceae. Beberapa jenisnya (Musa acuminata, M. balbisiana, dan M. ×paradisiaca) menghasilkan buah konsumsi yang dinamakan sama. Buah ini tersusun dalamtandan dengan kelompok-kelompok tersusun menjari, yang disebut sisir. Hampir semua buah pisang memiliki kulit berwarna kuning ketika matang, meskipun ada beberapa yang berwarna jingga, merah, hijau, ungu, atau bahkan hampir hitam. Buah pisang sebagai bahan pangan merupakan sumber energi (karbohidrat) dan mineral, terutama kalium.

Perlu disadari, istilah "pisang" juga dipakai untuk sejumlah jenis yang tidak menghasilkan buah konsumsi, seperti pisang abaka, pisang hias, dan pisang kipas

Tetsuya Ogawa, leader sekaligus pemain bas band rock terkenal asal Jepang, L'arc~en~C'iel, sangat menyukai pisang. Bahkan, karena terlampau sukanya dengan buah ini, Tetsu menjadikan pisang sebagai self icon dirinya yang disebut 'Mukimpo' atau 'My Banana'.

Oleh karena itu Tetsu selalu mengakhiri aksi panggungnya dengan melempar sekeranjang pisang untuk penggemar-penggemarnya.
Seluruh personil BigBang, grup band asal Korea, menyukai hal yang sama, yaitu memakan pisang di setiap jeda istirahat mereka.
saya akan memaparkan  manfaat dahsyat dari pisang yang mungkin belum diketahui pembaca. Manfaat berikut berdasarkan hasil penelitian di Inggris.

  • meningkatkan daya otak.

    Di sebuah sekolah di Inggris, 200 orang pelajar mampu menyelesaikan ujian akhir hanya karena membiasakan diri sarapan dengan pisang.Ratusan pelajar ini juga kerap mengonsumsi pisang disaat jam istirahat dan jam makan siang. Alasannya, pisang dapat meningkatkan kemampuan otak.

  • mengurangi stres.
    Pisang mengandung potasium yang merupakan mineral penting untuk membantu menormalkan detak jantung. Zat-zat yang terkandung dalam pisang akan mengirimkan oksigen ke otak dan mengatur keseimbangan kelembaban dalam tubuh.
    Potasium dalam tubuh akan berkurang drastis ketika seseorang mengalami stres dan menyebabkan metabolisme tubuh meningkat secara dramatis. Dengan memakan pisang, kadar potasium dalam tubuh akan seimbang.
  • mengobati maag.
    Sebagai buah yang dapat dikonsumsi langsung, pisang tak menimbulkan iritasi atau kerusakan usus bagi penderita maag.Buah ini sering digunakan untuk melawan penyakit usus, karena teksturnya yang lembut. Pisang mampu menetralkan asam lambung. Bagi seseorang yang memiliki penyakit usus atau kolik akibat asam lambung, maka dapat mengonsumsi pisang ditambah segelas susu.
  • sumber energi.
    Pisang dapat dicerna dengan mudah, sehingga gula yang terkandung di dalamnya akan diubah menjadi sumber energi yang baik untuk pembentukan tubuh dan otot. Pisang juga bagus menghilangkan rasa lelah.
  • gizi untuk ibu hamil.
    Wanita yang sedang hamil dianjurkan untuk mengonsumsi pisang sebab mengandung asam folat tinggi yang penting bagi kesempurnaan janin. Pisang akan membantu pembentukan sel-sel baru dan mencegah terjadinya cacat saat sang bayi lahir. Dahsyat kan?
Pisang membantu mengatasi depresi.
  • Makan dua buah pisang sebelum latihan bermanfaat untuk menambah energi dan mempertahankan gula darah anda.
  • Melindungi kram otot selama latihan dan kram kaki saat malam. Menetralkan kehilangan kalsium saat buang air kecil dan membangun tulang yang kuat.
  • Pisang dapat meningkatkan mood anda.
  • Pisang dapat mengurangi pembengkakan, melindungi dari resiko diabetes tipe II, membantu untuk menurunkan berat badan, memperkuat sistem saraf, dan membantu produksi sel darah putih. Semua dikarenakan tingginya kadar vitamin B-6.
  • Pisang dapat memperkuat darah anda dan meredakan anemia.
  • Pisang kaya akan kalium dan rendah garam, dan dipercaya mampu menurunkan tekanan darah, melindungi dari resiko serangan jantung dan stroke.
Pisang membantu masalah pencernaan
  • Pisang kaya akan pektin, membantu melembutkan senyawa racun dan logam berat dari tubuh.
  • Pisang bertindak sebagai prebiotik yang dapat merangsang pertumbuhan bakteri yang baik pada usus. Pisang juga memproduksi enzim pencernaan untuk membantu dalam menyerap nutrisi.
  • Sembelit? Serat tinggi dalam pisang dapat membantu menormalkan motilitas usus.
  • Pisang menenangkan saluran pencernaan dan membantu memulihkan elektrolit yang hilang setelah diare.
  • Pisang adalah satu-satunya buah yang dapat dikonsumsi tanpa menyebabkan bahaya sampingan untuk meringankan sakit maag dengan melapisi bagian dalam perut kita terhadap asam korosif.
Pisang sebagai obat alami
  • Makan pisang membantu mencegah kanker ginjal, melindungi mata terhadap degenerasi makula dan membangun tulang yang kuat dengan meningkatkan penyerapan kalsium.
  • Pisang membuat Anda lebih cerdas dan lebih waspada.
  • Pisang kaya akan antioksidan yang bermanfaat untuk melindungi tubuh dari serangan radikal bebas dan penyakit kronis.
  • Makan pisang di antara waktu makan membantu menstabilkan gula darah dan mengurangi rasa mual dari ‘morning sickness‘.
  • Tidak hanya buahnya, kulit pisang juga bermanfaat untuk mengatasi gigitan serangga atau gatal-gatal. Caranya, gosokkan bagian dalam kulit pisang pada kulit tubuh anda yang gatal atau terkena iritasi. Gunakan cara yang sama untuk menghilangkan kutil yang ada pada kulit anda.
  • Makan pisang dapat menurunkan suhu tubuh dan mendinginkan Anda selama demam.
  • Pisang dapat membantu anda yang sedang dalam proses berhenti merokok karena pisang mengandung vitamin B, kalium, dan magnesium yang tinggi, yang dapat mempercepat proses pemulihan dari efek penghentian tersebut.

Itulah berbagai manfaat buah pisang bagi kesehatan. Konsumsilah buah ini secara rutin agar mendapatkan manfaatnya. Anda bisa dengan mudah menemukan buah ini di pasaran dan harganya pun sangat terjangkau. Jika anda menginginkan variasi, anda bisa mencoba mengolah pisang dengan berbagai cara seperti dijadikan keripik, kue, makanan penutup, dan lain sebagainya. Semoga artikel ini bermanfaat.


loading...

Tags:
Wanwan Max
Hanyalah orang biasa (bukan luar biasa), pendiam (tapi banyak omong), suka hal-hal yang menarik (ya iya lah, kalo gak menarik gak mungkin suka dong...), dan asik juga kalo diajak ngobrol (kalo udah kenal sih....) apalagi diajak makan-makan bareng... Hehehe... (tapi dibayarin)