Agar Kita Lebih Mencintai Diri Kita Sendiri, Lakukan 7 Cara Ini

Sebagai makhluk sosial manusia diciptakan untuk saling berbagi dan saling membantu dengan sesama. Selain itu, manusia diciptakan oleh Tuhan dibekali dengan rasa cinta dan sayang. Dan rasa cinta itu kita tujukan untuk orang-orang yang membuat kita nyaman dan kita sayang. Cinta juga tidak hanya kepada manusia saja yaaa... Tapi juga sesama makhluk Tuhan, seperti jika kalian menyukai tanaman dan hewan tertentu serta merawatnya berarti kalian juga mencintai sesama makhluk Tuhan.

Namun, ada kalanya manusia di suatu saat apabila dengan cinta yang besar terhadap sesamanya jadi lupa dengan dirinya sendiri. Dan, manusia melupakan apa yang ada pada diri mereka sendiri. Menyendiri dan lebih mencintai diri sendiri adalah salah satu hal yang manusiawi. Namun bagaimana cara kita untuk mencintai diri sendiri?, kalian bisa lakukan 7 hal ini.

1. Selalu tanamkan sikap sadar diri

mata-anak-kecil

Orang yang mencintai diri cenderung lebih memahami apa yang mereka pikir, rasa dan inginkan. Mereka menyadari seperti apa dirinya, dan selalu bertindak bermodalkan pengetahuan itu. Dan mereka bertindak bukan karena orang lain nih.

2. Bertindaklah berdasarkan kebutuhan pada diri kita, bukan karena keinginan

cowok-cewek

Hal ini sangat penting untuk kita karena dengan kita tetap fokus pada apa yang kita butuhkan, kita dapat meninggalkan perilaku yang membuat kita semakin boros. Ambil saja contoh saat belanja, belanjalah barang-barang apa yang kita butuhkan dan itu menjadi prioritas utama kita.

3. Yang tak kalah penting adalah rawatlah diri kita dengan baik

perawatan-tubuh

Lakukan hal ini setiap hari agar kalian lebih menyadari bahwa diri kita sangatlah berharga. Seperti melakukan pola hidup sehat, menjaga kebersihan dan memelihara kedekatan dengan orang yang kita kenal dan sayangi. Serta tingkatkan interaksi sosial dengan orang-orang sekitar kalian.

Baca Juga :  Warga Riau Mengubah Sampah Menjadi Rupiah

4. Menetapkan batas diri kita sendiri

pusing-kepala

Buatlah analisa tentang masalah dalam diri kalian, temukan jawaban dari masalah itu. Saat menentukan jawaban untuk masalah kita ada baiknya tentukan batasan diri kita. Sejauh mana kita bisa melakukan hal yang kita akan hadapi. Dan jangan terlalu memaksakan diri.

5. Langkah berikutnya adalah lindungilah diri kalian

gembok

Kita tidak salah untuk berteman dengan siapa saja, namun ada kalanya juga kalian harus selektif memilih teman yang baik kita. Bawalah mereka yang tepat ke lingkaran kehidupan kita, karena terkadang tidak jarang banyak orang-orang dekat disekitar kita justru malah menikung dari apa yang kita pikirkan.

6. Senantiasalah untuk memafkan diri sendiri, itu juga penting

cewek-bebas

Memaafkan bukan hanya untuk orang lain saja tapi penting untuk diri sendiri juga. Memaafkan juga berarti kita menerima kegagalan dalam usaha kita. Tidak ada namanya kegagalan jika kita terus berusaha memperbaiki kesalahan. Kesalahan adalah proses untuk kita lebih baik lagi kelak.

7. Yang terakhir adalah hiduplah dengan sengaja

cewek langsing

Mungkin kalian bingung dengan maksud kalimat ini. Maksudnya adalah kita akan menerima diri sendiri jika kita hidup dan bertindak dengan tujuan yang direncanakan. Misalnya, jika tujuan kalian ingin hidup sehat maka mulailah untuk melakukan pola hidup sehat seperti olahraga teratur.

Nah, jadi itu dia 7 hal yang membuat kita mencintai diri sendiri. Ada baiknya jika kalian mencoba 7 hal itu, dan rasakan manfaatnya.


loading...

Tags:
Yoga Saputra
Aku biasa aja sih, hanya anak orang biasa yang suka sama hal-hal yang luar biasa !

Jangan Lewatkan...