Mengapa Salju Berwarna Putih Sedangkan Es Batu Tidak Berwarna ? Inilah Penjelasannya

Apakah kalian pernah melihat salju? Untuk di negara kita mungkin melihat salju merupakan hal yang sulit mengingat di negara kita tidak turun salju. Akan tetapi kalian pasti pernah melihat salju baik dalam video atau dalam foto. Apakah kalian pernah bertanya mengapa salju berwarna putih, sedangkan Es setiap hari kita gunakan untuk membuat teh mnis berwarna bening, padahal keduanya sama-sama terbuat dari air. Air dan es tidak berwarna (bening), karena air atau es tidak menyerap cahaya.

salju putih

Cahaya yang masuk ke dalam es akan diteruskan setelah mengalami pembiasan. Sedangkan salju, walaupun sama berasal dari air, tidak dapat meneruskan cahaya. Hal itu terjadi karena salju tersusun dari kristal-kristal es. Ketika cahaya putih matahari datang pada salju, dihamburkan kembali oleh jutaan kristal es dan kantong-kantong udara yang terperangkap di dalamnya. Cahaya tersebut akan dipantulkan kembali dan hanya sedikit yang diserap. Akibatnya salju akan memancarkan kembali seluruh cahaya warna tersebut sehingga akan terlihat berwarna putih.

es batu

Jadi ketika proses pembentukannya, ketika kita bikin Es Batu prosesnya sangat sedikit terkena cahaya. Ada juga es batu yang ada warna putih-putihnya, biasanya es balok. Nah itu biasanya pada proses pembuatannya ada cukup cahaya yang masuk sehingga di serap oleh es tersebut.


loading...

Yoga Saputra
Aku biasa aja sih, hanya anak orang biasa yang suka sama hal-hal yang luar biasa !