5 Wisata Keren di Kaligesing, Sebuah Desa di Lereng Perbukitan Menoreh

Kaligesing, merupakan salah satu kecamatan yang ada di kabupaten Purworejo. Kecamatan kaligesing berada di sebelah timur wilayah Purworejo dimana kecamatan Kaligesing berbatasan langsung dengan Propinsi Yogyakarta, tepatnya Kabupaten Kulon Progo. Selain itu kecamatan Kaligesing berada di wilayah pegunungan menoreh yang memanjang dari selatan ke utara. Kecamatan Kaligesing merupakan salah satu kecamatan yang mempunyai aset wisata yang lengkap, mulai dari wisata buah, wisata alam, hingga wisata kesenian dan budaya. Selain itu Kaligesing juga mempunyai maskot yang cukup populer khususnya bagi penggemar hewan ternak, salah satunya yaitu kambing Ettawa, kambing yang sering dijadikan kontes hingga ke ajang dunia.

curug siklotok

5 destinasi wisata di kecamatan Kaligesing berikut ini bisa menjadi referensi bagi para traveler yang akan berpetualang ataupun sekedar untuk mengisi acara liburan. Karena lokasinya di daerah pegunungan tentu udaranya sangat sejuk dan segar, nuansa alaminya begitu pas untuk menyegarkan pikiran dari kejenuhan kegiatan sehari-hari.

1. Goa Seplawan

goa seplawan

batuan goa seplawan

taman goa seplawan gardu pandang seplawan

Goa Seplawan terletak di Desa Donorejo, Kecamatan Kaligesing dengan jarak tempuh 20 km ke arah timur dari pusat kota dengan ketinggian 700 m di atas permukaan laut. Goa ini memiliki ciri khusus ornamen yang terdapat di dalam goa, antara lain: stalaktit, stalakmit, flow stone, helekit, soda straw, gouwer dam, dan dinding-dinding yang berornamen. Para pengunjung juga dapat menikmati taman bunga di sekitar goa. Panjang Goa Seplawan +- 700 m dengan cabang-cabang goa sekitar 150 – 300 m dan berdiameter 15 m. Di Goa Seplawan inilah diketemukannya arca emas Dewa Shiwa dan Dewi Parwati seberat 1,5 kg pada tanggal 28 Agustus 1979 yang kini disimpan di Museum Nasional Jakarta. Obyek wisata ini merupakan potensi wisata yang sangat digemari oleh wisatawan karena disamping keindahan obyeknya, goa ini juga telah dilengkapi beberapa fasilitas penunjang lain seperti listrik sebagai penerang dalam goa, MCK, dan taman. Bahkan pada kawasan ini sudah dibangun gardu pandang dan arena perkemahan (camping ground).

2. Curug Siklothok dan Curug Silangit

curug siklotok

curug siklotok

curug silangit - siklotok

Curug yang berlokasi di Dusun Jeketro, Desa Kaligono, Kecamatan Kaligesing, Kabupaten Purworejo atau sekitar 20 Km dari kota Purworejo ini memiliki 3 tingkatan curug. Curug Siklotok yang terletak paling bawah, lalu ada curug yang berada ditengah, dan yang paling atas dan paling tinggi adalah curug Silangit.
Sebagai air terjun bersumber mata air alami, Siklotok termasuk jernih dan hanya sedikit keruh akibat pengaruh sedimentasi batu kapur yang menjadi material utama gugusan Menoreh. Ada kepercayaan jika membasuh muka dengan air Curug Siklotok dapat membuat wajah awet muda. Kendati tidak dipromosikan secara langsung, namun gaung tradisi lokal itu terdengar hingga telinga pengunjung yang bukan berasal dari Kaligesing.

Baca Juga :  Inilah 7 Kota Dengan Pesta Tahun Baru Terbaik di Dunia

3. Memorial House W.R. Supratman

memorial house wr supratman 1

memorial house wr supratman

ari-ari wr supratman

W.R. Supratman, sang pencipta lagu Indonesia Raya dilahirkan pada tanggal 19 Maret 1903 di Dukuh Trembelang, Desa Somongari, Kecamatan Kaligesing, Purworejo. Pendapat ini selain didukung keluarga Soepratman juga dikuatkan keputusan Pengadilan Negeri Purworejo pada 29 Maret 2007. Bangunan bernama Memorial House W.R. Supratman berdiri diatas bekas bangunan rumahnya dahulu. Begitu banyak hal bernilai sejarah yang dapat kita jumpai di sini, antara lain berbagai cerita tentang W.R. Supratman, kumpulan karya lagu yang di ciptakan, foto ketika berusia 18 tahun, silsilah keluarga, sampai dokumentasi foto Seminar Nasional dan Putusan Pengadilan Negeri Purworejo seputar pelurusan sejarah tempat dan tanggal lahir W.R. Supratman.

Selain itu terdapat juga tempat plasenta (ari-ari) W.R. Supratman ditanam, yang ditandai dengan pohon andong dan diberi atap.

4. Taman Wisata Sidandang

taman sidandang

taman sidandang taman sidandang

Di dusun Kedungrante Desa Kaligono Kecamatan Kaligesing juga terdapat aliran sungai nan eksotis bernama Kedung Sidandang. Dinamakan Kedung Sidandang karena Kedung (sungai) tersebut sedemikian besarnya menyerupai bentuk dandang. Aliran sungai di tempat ini memiliki karateristik kealamian yang sangat menarik misalnya dibuktikan dengan daerah sekitar Kedung yang masih dikelilingi deretan pepohonan hijau serta kualitas kejernihan air yang masih sangat terjaga. Bagi pecinta petualangan, kedung ini menjadi salah satu tempat terbaik untuk dikunjungi. Selain kealamian kedung, medan menuju lokasi tersebut juga sangat menantang dengan batu-batu kerikil dan jalan yang naik-turun.

5. Kolam Renang Pegunungan

kolam renang pegunungan kaligesing

kolam renang pegunungan kaligesing

Salah satu obyek wisata buatan yang menyatu dengan alam adalah Kolam Renang Pegunungan yang berada di dusun Somoroto Desa Tlogoguwo Kecamatan Kaligesing Purworejo. Kolam renang dengan latar belakang tebing perbukitan serta sumber air dari mata air yang berasal dari tebing, memanjakan kesegaran dengan panorama alam pegunungannya yang asri. Dua kolam tersedia untuk dewasa dan anak-anak di sediakan bagi penikmat kesegaran air alami pegunungan.

Kolam Renang pegunungan ini banyak di nikmati oleh pengunjung keluarga maupun anak-anak yang datang untuk mengisi liburan maupun waktu senggang.

Nah, itulah 5 tempat wisata keren di Kaligesing yang bisa kalian kunjungi untuk mengisi liburan ataupun waktu senggang. Selain tempat pariwisata, wilayah Kaligesing juga terkenal dengan buah manggis dan duriannya, jika kalian datang pas musim-musim panen banyak pedagang manggis dan durian yang menjajakan dagangannya di sepanjang jalan dan tentunya dengan harga yang sangat terjangkau.


loading...

Wanwan Max
Hanyalah orang biasa (bukan luar biasa), pendiam (tapi banyak omong), suka hal-hal yang menarik (ya iya lah, kalo gak menarik gak mungkin suka dong...), dan asik juga kalo diajak ngobrol (kalo udah kenal sih....) apalagi diajak makan-makan bareng... Hehehe... (tapi dibayarin)

Jangan Lewatkan...