Penyebab Tubuh Semakin Lemas Setelah Bangun Tidur

1451 views

Bangun tidur, tubuh justru merasa lemas dan lelah? Mungkin sebagian besar dari Anda pernah atau bahkan sering mengalaminya. Waktu istirahat seharusnya membut tubuh merasa segar dan bersemangat ketika bangun di pagi harinya. Namun yang terjadi malah sebaliknya. Mata terasa berat, tubuh pegal-pegal atau segera ingin beranjak tidur lagi.

Hal ini bisa terjadi karena kebiasaan yang Anda lakukan selama beraktivitas di siang hari atau menjelang tidur. Apa saja kebiasaan yang membuat tubuh lemas dan lunglai di pagi hari?

1. Malas Olahraga
Olahraga membantu tidur lebih nyenyak dan tubuh terasa lebih segar saat bangun di keesokan paginya. Olahraga juga bisa meredakan stres dan membangkitkan mood positif Anda, dan menghasilkan tidur yang lelap dan tenang. Jenis olahraga yang cocok untuk meningkatkan kualitas tidur diantaranya yoga, stretching atau olahraga yang meningkatkan detak jantung.

2. Memainkan Smartphone Sampai Larut Malam
Banyak orang sulit meninggalkan smartphone-nya untuk berselancar di dunia social media seperti Twitter, Path, Instagram atau Facebook. Mengecek status teman, update status dan melihat postingan gambar seringkali membuat lupa diri dan akhirnya Anda baru bisa tidur saat dini hari. Kebiasaan ini tentu saja tidak baik dan menurunkan kualitas tidur. Sebelum tidur, sebaiknya jauhkan ponsel, TV, laptop aatau gadget lainnya agar waktu tidur Anda tidak terganggu. Sebaiknya bacalah buku, mandi air hangat dan lakukan peregangan sebelum tidur agar bisa terlelap.

3. Kurang Sinar Matahari
Jangan menggunakan tirai dari bahan yang mem-block sinar matahari ke kamar Anda. Jika ruangan terlalu gelap, ritme sirkadian Anda akan sulit membedakan antara siang dan malam sehingga tubuh lebih sulit terbangun dari tidur di pagi hari. Pastikan kamar tidur Anda mendapat cukup sinar matahari yang masuk lewat jendela sehingga memberi sinyal pada otak untuk memberitahu bahwa ini saatnya untuk bangun.

4. Makan Junk Food Sebelum Tidur
Daging olahan seperti sosis, smoked beef, burger, ham dan salami akan menghasilkan gas di lambung yang membuat perut tidak nyaman, sehingga Anda sering bersendawa atau buang gas semalaman. Kondisi ini tentu saja menyulitkan Anda untuk tidur nyenyak sehingga di pagi harinya tubuh merasa lelah. Selain daging, hindari juga makanan pedas, buah yang rasanya asam, saus tomat, bawang bombay dan makanan lain yang mengganggu sistem pencernaan.

5. Minum Kopi Bercangkir-cangkir
Kafein tidak hanya memicu mata untuk tetap terjaga, tapi juga menyebabkan heartburn atau jantung yang seolah panas terbakar. Biasakan tidak minum minuman berkafein seperti kopi, teh atau minuman energi di sore hari agar tidur Anda tak terganggu di malam harinya.

6. Membawa 'Masalah' ke Tempat Tidur
Sebelum tidur, buang semua pikiran tentang masalah pekerjaan, pertengkaran dengan kekasih/suami atau rencana liburan Anda sebulan ke depan. Jika banyak memikirkan segala hal, Anda tidak akan bisa tidur. Begitu tertidur, waktu sudah menjelang pagi dan Anda harus segera bangun lagi untuk bekerja. Hal ini tentu saja akan membuat Anda lemas dan tak bersemangat di pagi harinya.


loading...

Wanwan Max
Hanyalah orang biasa (bukan luar biasa), pendiam (tapi banyak omong), suka hal-hal yang menarik (ya iya lah, kalo gak menarik gak mungkin suka dong...), dan asik juga kalo diajak ngobrol (kalo udah kenal sih....) apalagi diajak makan-makan bareng... Hehehe... (tapi dibayarin)