Penyebab Kantung Mata dan Lingkaran Hitam

1419 views

Pernah nonton film kungfu panda ? Hewan lucu yang jago kungfu dengan profil muka yang khas, yaitu ada lingkar hitam di sekitar mata. Bayangan hitam ini seringkali disebut dengan lingkar mata panda. Tapi jadi gak lucu kan kalau anda mempunyai lingkar mata seperti panda ?

Tentunya kantung mata dan lingkar mata panda akan dapat merusak penampilan. Bila dibiarkan tanpa perawatan maka akan semakin menebal dan semakin terlihat jelas.

Penyebab umumnya terjadi karena kurang tidur, bertambah usia, mata yang lelah karena aktifitas berat, stress atau faktor keturunan. Jika sudah menjaga pola tidur dengan benar namun kantung dan mata panda masih sulit untuk dihilangkan, dan berkepanjangan, maka sebaiknya berkonsultasi dengan dokter untuk mendiskusikan kemungkinan penyebabnya.
Penyebab kantung mata dan lingkaran hitam (mata panda).

Mari sekarang kita bahas lebih rinci apa saja yang menjadi penyebab kantung mata dan mata panda.

  • Keturunan – Faktor warisan dari orang tuanya. Tapi bukan berarti kita tidak bisa melakukan sesuatu untuk mengilangkan mata panda dan kantong mata.  Tapi anda juga harus siap untuk tidak terlalu berhasil ketika mencoba untuk menyingkirkan mereka.
  • Pertambahan usia – Pada umumnya,  pertambahan usia menjadi penyebab utama timbulnya mata panda dan kantong mata. Ketika umur bertambah, kulit kehilangan cadangan kolagen dan lemak  sehingga rongga mata bagian bawah akan terlihat cekung. Sehingga pembuluh darah di bawah mata menjadi semakin jelas terlihat dan memicu timbulnya warna gelap dan kantong mata.
  • Alergi – Alergi tertentu dapat menyebabkan bertambahnya aliran darah ke daerah sinus. Bahkan bisa muncul sejak usia anak-anak. Biasanya alergi kulit ini menyebabkan gatal di sekitar mata, yang bila digaruk maka akan menyebabkan kulit menjadi gelap sebagai mekanisme perlindungan tubuh.
  • Kurang tidur – Jika Anda sudah berada di bawah banyak stres, atau Anda menderita insomnia atau apnea tidur, kulit Anda akan mencerminkan kurangnya Anda tidur.
  • Menangis – Teralu sering dan lama menangis akan menyebabkan cairan terperangkap di bagian bawah mata.
  • Hidung tersumbat – hidung tersumbat dapat menyebabkan lingkaran hitam di bawah mata karena pembuluh dan jaringan darah di bagian hidung membesar karena cairan sehingga, menyebakan urat darah halus dibawah mata menjadi gelap.
  • Penyimpangan pigmentasi – Kelebihan pigmentasi bisa menjadi penyebab timbulnya lingkaran hitam di bawah mata. Apabila ketika ditekan warna hitamnya tidak hilang, mungkin ada yang tidak beres dengan kondisi pigmennya.
  • Dehidrasi - Kekurangan cairan akan menyebabkan gangguan sirkulasi darah, yang secara signifikan dapat mempengaruhi pembuluh darah di bawah mata. Akhirnya, kantung dan mata panda mulai muncul di bawah mata Anda.
  • Paparan sinar matahari – Walaupun bukan merupakan faktor terpenting yang menyebabkan lingkaran hitam, namun aktifitas di ruangan yang terlalu lama di bawah paparan sinar ultra violet  dapat meningkatkan produksi melanin.
  • Gaya Hidup – Gaya hidup yang tidak sehat, asupan gizi yang kurang, minuman beralkohol, minum kopi, merokok, dan kurang olahraga semua bisa menimbulkan pelebaran pembuluh darah dan perubahan warna di bawah mata.
  • Khusus untuk ibu hamil atau ketika menstruasi, kulit akan lebih pucat karena kekurangan zat besi. Akibatnya pembuluh darah akan lebih terlihat dari permukaan kulit, dan bisa saja disalah artikan sebagai lingkaran hitam. Untuk mengatasinya konsumsilah sayuran hijau (misalnya bayam), daging, unggas, ikan, kacang-kacangan, roti gandum dan pasta yang diperkaya zat besi.

Salah satu tips untuk menghilangkan lingkaran hitam pada mata yang biasa disebut dengan mata panda ini adalah dengan istirahat yang cukup, yaitu biasakan tidur selama delapan jam sehari. Selain dapat mencegah lingkaran hitam pada mata, kebiasan ini bisa membuat tubuh anda selalu fit.

Beberapa tips berikut ini mungkin bisa dicoba untuk menghilangkan kantung mata, yaitu:

1.    Tidur secukupnya kurang lebih 7 jam (jangan berlebihan juga jangan kekurangan)  - Seperti yang sudah dijelaskan di atas bahwa salah satu penyebab adanya kantung mata adalah karena kurang tidur. Para pekerja malam seperti: penulis, editor, auditor, illustrator, dan wartawan biasanya rentan terserang kondisi mata berkantung ini karena pekerjaannya yang menguras waktu hingga malam. Oleh sebab itu, cara yang paling tepat memang mengatur waktu tidur agar seimbang dan secukupnya.
 2.    Hindari stress  - Stress yang berlebihan juga bisa menyebabkan mata berkantung. Oleh sebab itu, sebesar apapun masalah yang sedang kita hadapi, sebaiknya jangan terlalu dipikirkan dalam-dalam atau sewajarnya saja, karena hal itu akan mengganggu penampilan kita terutama wajah. 
3.    Gunakan cream pelembab mata  - Faktor usia tidak bisa dibohongi. Bertambahnya usia artinya berkurangnya elastisitas kulitterutama kulit wajah. Lihat saja, anak kecil tidak pernah mengalami masalah dengan kantung mata, sedangkan orang dewasa hingga tua sudah bisa dipastikan memiliki kantong mata.  - Oleh sebab itu untuk menjaganya, sebaiknya sebelum tidur kita menggunakan krim mata yang kita oleskan di daerah sekitar mata untuk menjaga elastisitas kulit. 
 4.    Gunakan mentimun  - Iris mentimun tipis-tipis, lalu tempelkan pada bagian mata. Rileksasikan pikiran kita dan lakukan secara teratur. Hal tersebut dipercaya bisa mengurangi kantong mata. 
 5.    Es batu  - Mengompres mata dengan es batu juga salah satu cara yang bisa digunakan untuk mengurangi kantong mata. 
 6.    Air putih  - Lagi-lagi air putih dipercaya untuk mengatasi segala macam jenis penyakit salah satunya adalah kantung mata. Untuk menghilangkan kantung mata, secara teratur banyak-banyaklah minum air putih.


loading...

Wanwan Max
Hanyalah orang biasa (bukan luar biasa), pendiam (tapi banyak omong), suka hal-hal yang menarik (ya iya lah, kalo gak menarik gak mungkin suka dong...), dan asik juga kalo diajak ngobrol (kalo udah kenal sih....) apalagi diajak makan-makan bareng... Hehehe... (tapi dibayarin)