Mengapa Anak-anak Perlu Dibiasakan Memakai Sunblock?

187 views

Sinar ultraviolet (UV) adalah salah satu penyebab kanker kulit, sunburn atau terbakar matahari, penuaan dini, dan kerusakan mata. Oleh karena itu, sejak dini anak-anak perlu diajarkan untuk menjaga kulit mereka dengan menggunakan sunblock dan menghindari paparan sinar matahari langsung. Membangun kebiasaan memakai sunblock pada anak-anak juga dimaksudkan agar mereka dimasa depan nanti memiliki perilaku melindungi kulit dari sinar matahari. Jadi, diharapkan nantinya putra-putri anda tidak akan berkata malas memakai sunblock saat keluar rumah dan beraktivitas di bawah sinar matahari langsung.

anak di pantai

Di negara-negara tertentu, ada saat-saat di mana warganya tidak perlu memakai sunblock, misalnya di bulan Mei hingga pertengahan Agustus. Pada masa itu perlindungan sinar matahari tidak direkomendasikan, kecuali bila menghabiskan banyak waktu di luar ruang. Namun, untuk kita, orang-orang yang mendiami negara tropis, di mana sinar matahari muncul sepanjang tahun, penggunaan sunblock sangat diperlukan.

Kapan Harus Memakai Sunblock?

Di Indonesia, sunblock baiknya dipakai baik saat di dalam ruangan maupun di luar ruangan. Untuk aktivitas dalam ruang, anda dan anak-anak anda memerlukan sunblock yang mengandung sedikitnya SPF 15, sedangkan untuk aktivitas luar ruangan, anda harus menggunakan sunblock minimal SPF 30. Lebih lanjut mengenai sunblock bisa anda baca pada tautan berikut https://www.nivea.co.id/saran/perlindungan-matahari/krim-tabir-surya-yang-tepat-102.

Proteksi sinar matahari disarankan dimulai ketika sinar UV berada pada level 3 atau lebih tinggi. Namun, tidak bisa dipastikan kapan level 3 tersebut tiba. Maka, jangan menunggu hingga matahari bersinar terik untuk memakai sunblock. Sejak pagi, atau sejak hari terasa hangat, anda baiknya segera memakai sunblock. Begitu juga dengan anak-anak anda. Oleh karena itu, selain menyediakan sunblock untuk diri anda sendiri, anda juga harus menyediakan sunblock untuk anak yang aman.

Biasakan pakaikan sunblock pada anak sebelum mereka berangkat sekolah. Beri pemahaman pada mereka bahwa kebiasaan memakai sunblock ini harus mereka awali sedini mungkin, agar dimasa depan nanti mereka tetap memiliki kulit yang senantiasa sehat terawat. Baik anak laki-laki maupun perempuan semuanya perlu memakai sunblock.


loading...

Tags:
Amel Widya
Gak ah, biar pada penasaran... Hehehe...