Ketahui 7 Jenis Batu yang Tidak Boleh Dijadikan Cincin

3227 views

Demam batu akik belum juga usai, meski hobi akik kadang mengundang pro dan kontra namun peminatnya tetap tak kunjung surut. Wajar saja karena tampilan beberapa jenis batu akik memang sangat memukau, namun perlu diketahui juga ada tujuh jenis batu yang yang sangat berbahaya jika di gunakan sebagai batu cincin. Apa saja kah itu, simak ulasan AndaiKata.com berikut ini.

1.Cinnabar

batu Cinnabar

Cinnabar merupakan batu kristal berwarna merah menyala. Karena warnanya ini, kristal ini juga disebut sebagai 'darah naga' atau 'mercury sulfide", dan terbentuk di dekat gunung berapi. Uniknya, warna merah menyala ini ternyata merupakan pertanda bahwa kristal ini sangat berbahaya karena mengandung merkuri yang tinggi. Merkuri yang terkandung di dalam kristal ini bisa menyebabkan kematian jika tidak ditangani dengan benar. Akan tetapi di masa lampau kristal Cinnabar ini dipercaya mempunyai kemampuan penyembuh jika digunakan dengan kadar yang tepat. (Baca : Sejarah dan Asal-usul Batu Akik di Indonesia)

2.Chalcanthite

Jika Cinnabar memiliki warna merah menyala, maka Chalcnathite memiliki warna biru menyala. Kristal ini terbentuk dari berbagai macam bahan seperti tembaga, air, belerang, dan beberapa unsur lain. Yang membuat kristal ini berbahaya adalah karena tembaga yang ada di kristal ini bisa larut di dalam air. Pengujian dengan kristal Chalcanthite yang dicelupkan di dalam kolam yang dipenuhi ganggang, segera terjadi ancaman dan kerusakan yang cukup besar. Akan tetapi para pecinta kristal tak kurang akal karena berusaha membuat tiruan kristal ini karena keindahannya. (Baca juga : Fungsi dan Kegunaan dari Mustika Merah Delima)

3.Arsenopyrite

batu Arsenopyrite

Kristal bernama Arsenopyrite ini mempunyai kilauan mirip emas, tetapi kristal ini sangat berbeda dengan emas karena Arsenopyrite ini mengandung zat yang berbahaya. Ciri yang sangat mudah dikenali dari Arsenopyrite ini adalah kristal ini mengeluarkan aroma mirip bawang putih. Seperti namanya, kristal ini mengandung zat arsenik yang beracun yang bisa menyebabkan kematian jika masuk ke dalam tubuh.

Baca Juga :  Istilah-istilah yang Sering Digunakan Toko Online Wajib Kamu Ketahui!

4.Torbernite

batu Torbernite

Berwarna hijau menyala, kristal Torbernite ini juga disebut sebagai batuan dari neraka. Kristal ini terbentuk dari uranium. Zat uranium inilah yang menyebabkan kristal ini berbahaya, ketika uranium mengalami pembusukan di dalam kristal. Ketika pembusukan itu terjadi, kristal ini akan mengeluarkan gas berbahaya yang menyebabkan kanker paru-paru.

5.Stibnite

batu Stibnite

Kristal bernama Stibnite ini berwarna berkilauan seperti perak. Kandungan zat-zat yang tak stabil di dalam kristal inilah yang menyebabkan kristal ini berbahaya. Di masa lalu kristal ini sering digunakan sebagai bahan untuk membuat alat makan, dan banyak menyebabkan kematian bagi para penggunanya. (Baca juga : Penjelasan Batu Mustika Kelapa yang Bertuah)

6.Orpiment

batu Orpiment

Kristal Orpiment ini sangat berbahaya karena mengandung arsenik dan sulfur. Di masa China kuno, mata panah sering dioleskan di kristal ini untuk mendapatkan racunnya. Jika kristal ini dibelah, bubuk serpihannya bisa menjadi sangat beracun jika terkena matahari. Bubuk Orpiment pernah digunakan sebagai campuran bahan cat dan meracuni para seniman yang menggunakannya.

7.Galena

batu Galena

Galena adalah kristal berkilauan berbentuk kubus yang mengandung sulfur beracun. Debu sulfur yang ada di kristal Galena ini akan mengakibatkan keracunan hingga yang terburuk kematian jika terhirup. (Baca juga : Mitos Supranatural Batu Badar Besi)


loading...

Tipsnesia

Jangan Lewatkan...