7 Fakta Terselubung Tentang Kehebatan Darah Manusia

1921 views

Darah adalah bagian terpenting bagi setiap makhluk hidup di seluruh dunia. Dari darah, oksigen diedarkan ke seluruh tubuh. Dari darah pula nutrisi yang kita serap akhirnya dibagi secara merata ke setiap organ tubuh. Tanpa darah, manusia akan mati secara cepat. Itulah mengapa penyakit terkait darah selalu memiliki risiko besar membuat manusia meninggal dunia.

Baca juga: Pasangan Bergolongan Darah Apa yang Cocok untuk Anda?

Darah yang mengaliri tubuh kita ini ternyata memiliki beberapa fakta yang ternyata gila. Bahkan anda bisa membuat anda jadi tercengang. Mereka tak hanya mengedarkan sari makanan dan juga oksigen saja. Tapi juga segudang hal lain yang layak kita simak bersama-sama!

1. Penyebab Hidung Berair Saat Udara Dingin

pilek

Saat kita berenang, atau pergi ke tempat yang sangat dingin, biasanya hidung akan beler, banyak mucus atau ingus yang seakan keluar. Padahal kita tidak sedang flu. Lantas apa yang menyebabkannya? Jawabannya adalah darah!

Saat udara dingin, hidung alah bagian tubuh yang sangat cepat menerima rangsangan, berbarengan dengan telinga. Untuk mengatasi dingin yang berlebih, tubuh memiliki mekanisme mengirim banyak dara di rongga hidung. Hal ini dilakukan agar hidung tetap hangat. Namun dampaknya, ingus yang keluar jadi semakin banyak.

2. Ada Emas di Dalam Darah Manusia

emas batang

Darah manusia memiliki banyak jenis komponen yang sering kita kenal dengan sel darah merah, sel darah putih, lalu plasma darah. Selain itu ada juga hemoglobin yang mampu mengikat oksigen hingga mampu diedarkan ke seluruh tubuh setiap saat.

Tapi tahukah anda, jika di dalam darah kita terdapat kandungan emas? Ilmuwan meneliti lagi kandungan darah manusia dan menemukan fakta hebat ini. Dalam setiap tubuh manusia dewasa sehat terdapat sekitar 0,2 miligram emas murni.

3. Ibu Hamil Punya Lebih Banyak Darah

ibu hamil

Saat terjadi kehamilan, wanita akan mengalami kenaikan berat badan secara signifikan. Hal ini terjadi karena janin dalam tubuh terus tumbuh. Selain itu, kandungan darah juga terus naik. Terutama darah yang digunakan untuk menyalurkan nutrisi ke calon bayi.

Diperkirakan wanita yang sedang mengalami kehamilan akan memiliki volume darah 50% lebih banyak dari sebelum hamil. Volume maksimal ini didapat setelah kehamilan memasuki minggu ke-20. Darah yang melimpah ini memiliki fungsi utama untuk menghidupi bayi serta tetap melakukan fungsi utamanya bagi tubuh calon ibu.

4. Darah yang Dipompa Jantung Melebihi 200 Tank Besar!

pembuluh darah

Pernahkah anda membayangkan jika selama hidup, banyak sekali darah yang di pompa oleh jantung. Bahkan dalam umur rata-rata manusia, diperkirakan ada sekitar 1,5 juta barel darah yang diedarkan ke seluruh tubuh dari lahir hingga meninggal dunia.

Jantung adalah organ paling kuat dalam tubuh yang tak pernah berhenti bekerja selama kita hidup. Organ ini tanpa lelah terus membuat darah mengalir untuk mengedarkan nutrisi dan juga oksigen ke semua sel tubuh. Satu setengah juga barel? Hebat sekali!

5. Darah Sebagai Simbol Kepribadian

emoticon

wivrit.com

Kita mengenal ada 4 jenis tipe darah. Mulai dari A, B, AB, dan O. Di negara asia timur seperti Korea Selatan dan Jepang, darah dianggap membawa kepribadian manusia. Orang dengan golongan darah tertentu bisa memiliki sifat setia, atau sifat keras dan disiplin.

Meski tidak bisa dijadikan acuan secara penuh, beberapa orang di negara ini percaya jika menikah pun perlu menyesuaikan golongan darah. Bekerja, hingga makanan pun juga menyesuaikan golongan darah. Ribet ya?

6. Darah Mengalir Sejauh 160.000 Kilometer

darah mengalir

Ada yang pernah membayangkan sepanjang apa itu 160.000 kilometer? Mungkin sekitar 2 kali jarak mengelilingi bumi melalui khatulistiwa. Jauh? Banget! Itulah jarak yang ditempuh darah-darah yang ada di dalam tubuh kita.

Pembuluh darah yang ada di dalam tubuh manusia mencapai 160.000 kilometer. Dari yang paling besar hingga kecil. Jadi secara otomatis darah akan mengalir ke seluruh saluran itu setiap hari. Benar-benar ciptaan Tuhan tak ada yang bisa menandingi!

7. Sel Darah Mampu Menyelesaikan Perjalanan Kurang Dari 30 Detik

sel darah merah

Pembuluh darah di dalam tubuh panjangnya berkilometer. Darah mengaliri semuanya secara merata untuk mengedarkan oksigen dan sari makanan. Setelah itu darah kembali ke jantung untuk dipompa lagi hingga melewati paru-paru.

Semua hal yang rumit dan panjang ini bisa diselesaikan oleh darah dalam 30 detik saja. Bisa dibayangkan kan seperti apa kecepatan aliran darah pada manusia? Mungkin balapan formula satu yang sering kita liat di TV bisa dikalahkan oleh darah. Just wow!

Baca juga: Manfaat Kesehatan Dari Donor Darah

Itulah sekelumit hal gila yang dilakukan oleh darah. Tak hanya perkara mengedarkan sari makanan dan oksigen saja kan? Darah juga bisa melakukan hal-hal hebat. bahkan mengalir di jarak yang panjang dan cepat pula! So, sayangi darah kita, jangan sampai ada penyakit membuat darah kita jadi tak hebat. Selalu sehat ya !


loading...

Tags:
Yoga Saputra
Aku biasa aja sih, hanya anak orang biasa yang suka sama hal-hal yang luar biasa !