Jika Matahari Hilang dalam Seminggu, Inilah yang Terjadi di Bumi?

Matahari manfaatnya begitu banyak bagi kehidupan seluruh makhluk di muka bumi ini. Contohnya saja bagi tubuh kita. Sinar Matahari bermanfaat untuk membuat tulang kita kuat karena sinarnya mengandung vitamin D.

mitos gerhana matahari jepang

Akan seperti apa jika Matahari hilang dari tata surya selama seminggu? Seperti dilansir oleh science.howstuffworks.com, hal yang pasti akan terjadi adalah Bumi ini akan menjadi gelap dan dingin dengan begitu cepat.

Meskipun tidak terasa, Bumi ini akan tetap berputar. Rotasi bumi ini ditandai dalam kalender: siang hari adalah ketika bagian dari Bumi berputar mendekati ke Matahari, dan malam hari adalah ketika bagian lain dari Bumi berputar menjauhi Matahari.

Ketika Matahari menghilang, siang hari akan berubah menjadi malam dalam waktu 8,5 menit, waktu di mana sinar Matahari mencapai bumi.

Suhu Bumi akan menurun hingga 0 derajat Fahrenheit (minus 17,8 derajat celcius) selama seminggu. Dalam suhu seperti itu memang sangat dingin namun belum sampai membuat manusia dan makhluk di dalamnya menjadi beku.

ilustrasi kekeringan

Tidak ada Matahari berarti tidak ada fotosintesis, proses di mana tanaman mengubah sinar matahari menjadi energi. Ketika tanaman hidup mulai layu dan mati, hewan pemakan tanaman akan hidup kesulitan tanpa makanan.

Akan butuh waktu sekitar satu tahun penuh untuk Bumi ini mencapai suhu minus 100 derajat Fahrenheit (minus 73.3 derajat Celcius). Suhu serendah itu tidak hanya akan mengubah tanaman menjadi es, akan banyak makhluk lain mulai kesulitan bertahan hidup tanpa sumber energi dan panas yang stabil.

sinar matahari

Imbas yang akan terasa bukan hanya di permukaan Bumi, tapi juga di luar angkasa. Ketika planet kita secara konstan tetap berputar, maka Bumi akan terus berada pada orbitnya memutari Matahari. Matahari memiliki diameter sekitar 100 kali dari bumi dan memberikan daya tarik atau gravitasi pada semua planet di tata surya kita.

Gravitasi membuat planet kita stabil berada di lingkaran sekitar bintang besar dan planet-planet lain di langit. Tanpa gravitasi, planet akan mengapung di angkasa. Bahayanya adalah, planet kita bisa saja berbenturan dengan komet, meteor, atau bahkan planet lain di luar angkasa. Wah ngerinya. Semoga saja itu tidak akan terjadi.


loading...

Tags:
Yoga Saputra
Aku biasa aja sih, hanya anak orang biasa yang suka sama hal-hal yang luar biasa !

Jangan Lewatkan...