5 Buah-buahan Khas Indonesia yang Telah Berhasil Mendunia

1364 views

Indonesia dikenal sebagai negara dengan keanekaragaman hayatinya yang melimpah. Banyak kekayaan alam Indonesia yang menakjubkan hingga tak jarang para bangsa asing berebut untuk mencarinya.

Salah satu keanekaragaman hayati tersebut adalah buah-buahannya. Beriklim tropis ternyata membuat berbagai variasi buah-buahan unik dan menarik perhatian dunia. Masyarakat dunia berbondong-bondong datang ke negara Indonesia ini hanya untuk mencicipi nikmatnya buah-buahan khas tanah air kita ini.

Berikut ini merupakan 5 jenis buah-buahan khas Indonesia yang berhasil menarik perhatian masyarakat dunia untuk mencicipinya.

Durian

buah durian

buah durian

Buah yang dijuluki King of Fruit ini merupakan salah satu buah-buahan asal Indonesia yang telah mendunia. Dengan aroma dan kelembutan daging buahnya membuat para penikmatnya tergila-gila memakannya.

Di Indonesia sendiri, kebanyakan buah durian ini berasal dari pulau Sumatra dan Kalimantan. Rasanya yang luar biasa nikmat ternyata mendorong keinginan bangsa asing untuk berlomba-lomba mengembangkannya di negara masing-masing.

Di belakang kenikmatannya itu, ternyata terkandung berbagai manfaat dan bahaya dalam durian ini. Namun selama jumlah yang dikonsumsi masih belum melebihi batas, hal tersebut bukanlah sebuah masalah yang perlu dikhawatirkan.

Kedondong

buah kedondong

buah kedondong

Buah yang sangat cocok dijadikan rujak ini berasal daerah-daerah Timur tanah air. Rasanya yang sangat asam ini ternyata berhasil menarik perhatian masyarakat dunia. Kemudian masyarakat dunia menamakan buah ini dengan sebutan Ambarella.

Di awal abad ke 20, buah kedondong ini mulai diperkenalkan ke berbagai negara-negara asing. Salah satunya adalah Australia dan Jamaika. Florida juga pernah mencoba menanam buah ini, namun sepertinya kala itu buah ini belum dikenal oleh masyarakat Amerika.

Jambu Air

buah jambu air

buah jambu air

Jambu air merupakan buah yang dihasilkan pepohonan tropis di negara Indonesia. Buahnya yang menyerupai sebuah lonceng ini memiliki beberapa jenis, ada yang berwarna merah, keputihan, dan hijau muda. Namun diantara jenis-jenis tersebut yang memiliki rasa paling manis adalah jambu air yang berwarna merah.

Di beberapa negara, buah jambu air ini dikenal dengan sebutan Java Apple. Buah jambu air ini juga terkadang dijadikan buah-buahan sebagai bahan dasar salad.

Manggis

buah manggis

buah manggis

Manggis ini merupakan saingan durian karena disebut-sebut dengan julukan “ratu buah”. Pada awalnya, manggis ini berasal dari daerah-daerah di Kalimantan dan Sunda. Rasanya yang unik merupakan perpaduan antara rasa asam dan manis juga menyegarkan.

Selain rasanya yang segar, buah manggis ini ternyata mengandung banyak vitamin dan antioksidan yang pastinya sangat menyehatkan bagi tubuh penikmatnya.

Rambutan

buah rambutan

buah rambutan

Sesuai dengan namanya, buah rambutan ini memiliki kulit yang diselimuti oleh rambut-rambut. Warnanya akan memerah ketika buah ini mulai matang dan terasa manis. Selain itu, jenisnya juga sangat bervariasi.

Di sekitar tahun 1900-an, Amerika Serikat bekerja sama dengan Indonesia untuk membudidayakan buah rambutan ini di sana. Namun, karena faktor iklim dan lingkungan, buah rambutan ini tidak bisa dibudidayakan di sana.

Baca Juga :  Inilah Karya-karya Ilmuwan Indonesia yang Mendunia

Selain buah-buahan, kekayaan-kekayaan alam lain seperti tumbuhan, hewan, dan pemandangan alam khas Indonesia juga sangat melimpah. Sudah sepatutnya kita bangga dan bersyukur karena bisa terlahir di negara yang memiliki kekayaan alam yang melimpah.


loading...

Amel Widya
Gak ah, biar pada penasaran... Hehehe...

Jangan Lewatkan...