7 Misteri Biologi yang Tak Bisa Dipecahkan Manusia Sampai Sekarang!

Biologi adalah cabang ilmu yang sampai saat ini masih banyak sekali misteri di dalamnya. Hal ini terjadi karena Biologi mencakup banyak sekali wilayah yang berhubungan dengan makhluk hidup. Mulai dari yang besar hingga sampai sel dan DNA yang sangat kecil dan tak bisa dilihat secara langsung. Misteri-misteri yang ada dalam biologi lambat laun terpecahkan, meski demikian, misteri baru selalu muncul dan membuat banyak ilmuwan memeras otaknya kuat-kuat.

Di bawah ini ada tujuh misteri dari Biologi yang tak juga diketahui faktanya sampai sekarang. Ilmuwan telah mencoba mencari tahu segala kemungkinan yang ada. Namun hasilnya tetap nihil. Misteri ini terlalu kuat untuk sekadar memberikan clue atau petunjuk. Berikut misteri-misteri tak terpecahkan itu.

1. Umur Tubuh

orang tua

Kita semua tahu jika bayi akan terus tumbuh menjadi besar dan suatu saat jadi dewasa seperti kita. Pun yang sudah dewasa akan terus menjadi tua dan akhirnya meninggal dunia. Siklus ini dianggap biasa dan seperti sudah menjadi paten dari setiap makhluk hidup di dunia ini. Namun pernahkah anda bertanya, kenapa manusia harus tumbuh dan tua?

Kenapa manusia tidak berhenti pertumbuhannya? Jika manusia hanya tumbuh sampai dewasa lalu berhenti pertumbuhannya, mungkin kita tak akan mati. Ilmuwan banyak sekali memberikan hipotesis, mulai dari membandingkan organ seperti mesin yang punya masa pensiun. Namun dari semua dugaan yang diberikan tak ada yang mampu menjelaskan, selain berkata jika itu takdir.

2. Sejarah Asal-Usul Bunga

taman bunga belanda

nationalgeographic.co.id

Semua orang mungkin sudah tahu jika asal-usul manusia berasal dari manusia purba yang telah punah jutaan tahun lalu. Pun kita juga tahu mengenai evolusi hewan seperti kucing dan anjing. Namun pernah anda bertanya sebenarnya tanaman bunga itu merupakan evolusi dari apa?

Banyak ilmuwan mengatakan jika bunga berasal dari evolusi gymnospermae. Atau tumbuhan yang mampu menghasilkan biji sendiri seperti conifers, cycads, ginkos, dan gnetales. Namun dugaan ini sering kali rancu. Pasalnya beberapa molekul dalam bunga tak begitu mirip dengan tanaman berbiji yang banyak menghasilkan buah itu.

3. Hal-hal Berbau Kesadaran dan Kecerdasan

kinerja otak

Pernahkah anda bertanya, sebenarnya apa sih kesadaran itu. Lalu kenapa saat kita tidur kita tak memiliki kesadaran sama seperti saat pingsan. Lalu kenapa hewan seperti mamalia bisa mendapatkan mimpi sama seperti manusia? Jawabannya belum ditemukan sampai sekarang. Bahkan oleh ilmuwan sepandai apa pun itu.

Hal-hal mengenai kesadaran manusia, kecerdasan, dan lain sebagainya masih tertinggal menjadi misteri. Fenomena ini masih susah dijelaskan secara gamblang. Mungkin kita mengerti maksudnya, namun untuk dijabarkan secara jelas dan ilmiah masih sangat sulit.

4. Fungsi Dari DNA

dna

Setiap makhluk hidup di dunia ini memiliki DNA yang fungsinya adalah menyimpan gen atau informasi terkait sifat-sifat manusia. Namun tak ada yang mengetahui dengan sangat pasti apa fungsi dari DNA ini. Karena banyak yang meyakini jika informasi berupa coding gen manusia hanya menggunakan sekitar 2% dari total DNA.

Lalu sisanya yang 98% merupakan sampah yang tak berisi informasi. Beberapa ilmuwan masih meneliti mengenai fungsi dari DNA secara menyeluruh. Namun pada akhirnya mereka tetap tak menemukan informasi yang tepat, akurat serta ilmiah untuk menjawab segalanya.

5. Evolusi dari Hubungan Seksual

seksual

Barangkali kita sudah tahu dengan pasti bagaimana dan apa itu hubungan badan. Bahkan hewan pun juga melakukannya. Namun pernah kita bertanya sebenarnya di masa lalu hubungan badan ini seperti apa? Bagaimana manusia purba mengetahui atau mengenal hal-hal seperti ini?

Mungkin kita akan mengatakannya sebagai insting? Namun hal-hal terkait hubungan badan terlalu rumit. Bahkan muncul lagi cabang-cabang seperti berhubungan badan sesama jenis, dengan orang lebih muda atau tua, dengan penyiksaan dahulu, dan lain sebagainya. Evolusi mengenai hubungan badan ini adalah masalah Biologi yang sampai sekarang tak pernah terpecahkan.

6. Adaptasi

adaptasi hewan

Evolusi adalah perubahan bentuk tubuh hingga fungsinya setelah mengalami seleksi alam. Hal ini bisa dijelaskan secara jelas dalam model matematika. Bahkan sampai ke masalah terkait gen. Namun sampai saat ini hal terkait adaptasi masih susah untuk dijelaskan dengan sangat baik.

Bagaimana manusia bisa beradaptasi dengan lingkungannya. Baik sosial maupun alam. Bagaimana mereka mampu menyesuaikan tubuh dan pikirannya perlahan-lahan. Jawabannya masih buram dan tak jelas. Yang kita tahu adaptasi akan terjadi dengan sendirinya tanpa bertanya apa sebabnya.

7. Homing pada Hewan

kucing rumah

Pernahkah anda bertanya bagaimana cara burung dara yang dilepas mampu terbang kembali ke rumah. Lalu kucing yang bermain jauh dari rumah kadang bisa kembali ke rumah. Bagaimana cara mereka mengenali jalan pulang meski mereka berada di lingkungan yang sangat baru.

Banyak ilmuwan mengatakan jika fenomena ini berhubungan dengan mekanisme neurobiology. Namun penjelasan ini tak cukup kuat secara ilmiah untuk menjelaskan bagaimana hewan ini bisa tahu di mana rumahnya, meski matanya tertutup saat kita coba pindahkan.

Itu tadi tujuh misteri dalam bidang Biologi yang tak juga bisa dipecahkan sampai sekarang. Menurut anda, hal-hal di atas butuh dijelaskan lagi atau tidak? Kalau butuh dijelaskan, point nomor berapa yang membuat anda penasaran?


loading...

Tags:
Yoga Saputra
Aku biasa aja sih, hanya anak orang biasa yang suka sama hal-hal yang luar biasa !