"Geckskin", Sarung Tangan Untuk Memanjat Layaknya Spiderman

1478 views

"Geckskin", sarung tangan teknologi tinggi untuk memanjat layaknya spiderman. Lembaga peneliti proyek pertahanan Amerika Serikat atau Defense Advanced Research Projects Agency (DARPA), baru-baru ini memperkenalkan proyek teknologi terbarunya yakni Z Man. Proyek Z man ini memungkinkan sesorang untuk memanjat suatu gedung dengan menggunakan sebuah sarung tangan berteknologi tinggi yang bernama "Geckskin" . Nama tersebut diambil dari hewan yang menginspirasi terciptanya alat tersebut yakni, tokek yang dalam bahasa inggrisnya disebut "Geckos". Selain terinspirasi dari tokek proyek ini juga terinspirasi dari laba-laba.

"Tokek adalah salah satu hewan juara dalam hal memanjat di kerajaan binatang, sehingga wajar bagi DARPA jika terinspirasi dengan hewan tokek tersebut.," kata Dr Matt Goodman, manajer program DARPA untuk proyek Z-Man".

Dengan teknologi ini maka seseorang dapat memanjat gedung tanpa bantuan tali ataupun tangga layaknya hewan tokek ataupun manusia laba-laba (Spidermen). Cukup dengan menggunakan sebuah sarung tangan, namun tentunya bukan sarung tangan biasa seperti yang biasa kita lihat. Laboratorium DARPA telah melakukan uji coba terhadap alat ini. Uji coba alat ini, dilakukan oleh seorang penguji dengan berat 75 kilogram dan membawa beban sekitar 50kg , dengan cara memanjat secara vertikal ke atas dan kembali lagi kebawah pada dinding kaca sebuah bangunan, yang mempunyai ketinggian hampir 25 meter. Teknologi Geckskin ini dikabarkan dapat menahan beban sekitar 600 pound atau sekitar 300 kg.

Sarung tangan Geckskin ini dilengkapi bantalan yang memiliki daya isap tinggi sehingga bisa menempel di dinding kaca dan cukup kuat untuk menahan beban manusia dan barang bawaannya. Sarung tangan ini nantinya akan digunakan sebagai salah satu teknologi perang yang akan memudahklan tentara AS untuk melakukan penyerangan ke daerah lawan yang memiliki tembok pertahanan yang tinggi dengan menggantikan peran tangga dan tali yang saat ini dipergunakan.

DARPA menyebutkan bahwa, hewan seperti tokek atapun laba-laba menggunakan sistem unik yang menunjukkan gaya tarik 'van der Waals' yang kuat dengan benda lain. Dalam suatu jurnal biologi juga diungkapkan bahwa, bagian telapak kaki cecak berisi ribuan alat perekat yang disebut 'setae' yang menyerupai rambut. Rambut ini menjadi lebih halus dalam kelembapan tinggi dan memiliki area permukaan luas untuk kontak perekat.

Menarik juga yah teknologi yang satu ini, dengan adanya teknologi ini kita dapat memanjat gedung-gedung tinggi seperti pada adegan-adegan film Mission Imposible dan Spiderman.


loading...

Tags:
Wanwan Max
Hanyalah orang biasa (bukan luar biasa), pendiam (tapi banyak omong), suka hal-hal yang menarik (ya iya lah, kalo gak menarik gak mungkin suka dong...), dan asik juga kalo diajak ngobrol (kalo udah kenal sih....) apalagi diajak makan-makan bareng... Hehehe... (tapi dibayarin)

Jangan Lewatkan...