Capsula Mundi: Merubah Tubuh Manusia Menjadi Pohon

1159 views

Capsula Mundi adalah sebuah proyek di italia untuk mengenalkan sebuah pemakaman yang bertajuk green cemetries atau bisa dibilang pemakaman hijau di italia. Karena melihat rata-rata, atau bisa dibilang hampir semua, pemakaman terbuat dari batu nisan yang tentu saja bisa mengurangi luas dari daerah resapan air. (Mengingat bumi kita ini sudah mulai kritis akibat pemanasan global)

Jadi capsula mundi ini merupakan peti mati yang berbentuk kapsul dimana nanti kapsul tersebut “ditanam” di dalam tanah sama seperti peti mati biasanya, namun setelah itu tepat diatas kapsul tersebut ditanami pohon, sehingga nanti ketika pohon tersebut tumbuh, akar pohon tersebut akan menembus kapsul tersebut dan mengambil nutrisi dari jasad manusia yang telah mati didalamnya.

Jasad tubuh manusia didalam kapsul tersebut diposisikan seperti janin di dalam rahim ibu yang sedang mengandung, atau lebih tepatnya lagi bisa diliat di gambar berikut:

Capsula Mundi

Tentu saja dari posisi jasad seperti diatas itu tidak akan memakan banyak tempat nantinya dan bahan dasar dari kapsul tersebut terbuat dari starch plastic.

Sedikit penjelasan tentang starch plastic,
Starach plastic itu, plastik yang terbuat dari bahan2 biomassa, seperti, lemak dan minyak dari sayuran, tepung jagung, tepung kanji, pokoknya kek gitu2 deh Jadi udah pasti dijamin ramah lingkungan banget kapsul ini dibanding dengan peti mati yang biasa digunakan untuk pemakaman yang terbuat dari kayu yang tentu saja harus menebang pohon dulu dong buat dapet kayunya, setelah kayu didapatkan kemudian kayu tersebut akan dilapisi dengan timah agar jadi lebih kuat.

Berikut proses dari pemakaman Capsula Mundi ini:

Capsula Mundi-1

Pertama-tama, dibuat dulu kapsulnya (peti mati), setelah itu diisi sama jasad orang yang telah meninggal, nah jasad tersebut diposisikan seperti yang telah dijelaskan diatas tadi, lalu kapsul yang udah diisi jasad manusia itu dikubur di tanah, setelah kapsul dikubur, tepat diatas kapsul tersebut di tanam pohon yang nantinya akar pohon tersebut akan menembus kapsul dan menyerap nutrisi dari jasad orang tersebut seperti gambar diatas, kemudian jadilah deh pemakaman berbentuk pohon.
Bisa dibilang juga pohon itu merupakan bentuk kehidupan baru yang lahir dari jasad orang yang telah meninggal tersebut, kalo gini kan ibaratnya kaya “reikarnasi” gitu deh hehehe

Hasilnya nanti pemakamannya bakalan kaya begini nih:

Capsula Mundi-2
Jadilah pemakaman pohon atau pemakaman hutan.

Tentunya kita bisa merasakan orang yg udah meninggal tersebut kerasa masih ada, cuman emang dalam bentuk pohon, liat.. jadi jasad orang tersebut masih bisa bermanfaat bagi lingkungan kan, yah walaupun orang tersebut sudah meninggal.

Pencipta Capsula Mundi ini adalah Anna Citelli and Raoul Bretzel :

Capsula Mundi-3


loading...

Tags:
Wanwan Max
Hanyalah orang biasa (bukan luar biasa), pendiam (tapi banyak omong), suka hal-hal yang menarik (ya iya lah, kalo gak menarik gak mungkin suka dong...), dan asik juga kalo diajak ngobrol (kalo udah kenal sih....) apalagi diajak makan-makan bareng... Hehehe... (tapi dibayarin)