Inilah Ciri-ciri Telur Palsu yang Sangat Berbahaya dari China !

Beberapa waktu lalu, orang telah menemukan cara membuat telur palsu. Dan dalam waktu singkat telur-telur ini banyak diproduksi dan dijual di China. Bahkan menjadi bahan mainan orang-orang di kampung di china. Cara membuatnya gampang, bahannya murah dan bisa memproduksi banyak sekali quantity, sehingga memberikan keuntungan yang besar.

telur ayam

Dan kabarnya, Indonesiapun tak luput dari bidikan pasar telur-telur palsu ini. Jadi lebih baik kita berhati-hati dalam membeli telur di pasar. Karena meskipun rasanya enak tetapi bisa berdampak serius terhadap kesehatan kita.

Para ahli memperingatkan akan bahaya mengkonsumsi telur palsu ini. Tidak hanya telur-telur palsu itu tidak mengandung nutrisi apapun, seorang profesor Universitas China Hong Kong memperingatkan bahwa mengkonsumsi tawas dalam waktu lama dapat mengakibatkan penyakit dementia (penyakit mental yang serius yang dapat mempengaruhi kemampuan berpikir, mengingat dan bertingkah laku abnormal).

TIPS MENGETAHUI TELUR PALSU

telur palsu mentah

Ketika Telur Mentah

  • Tekstur kulit telur agak kasar, bentuknya kadang-kadang ada beberapa benjolan pada kulit telur (bukan kotoran ayam).
  • Ada beberapa telur yang lekukannya tidak merata.
  • Kalau digoncangkan tidak ada bunyi rongga udara.
  • Kulit telur mudah dikupas tanpa mengoyakkan lapisan seliput telur (tidak sesukar Telur Ayam asli).

Ketika Telur Dipecahkan

  • Cairan kuning dan putih telur tidak berbau anyir (Telur Ayam asli berbau anyir).
  • Di salah satu sisi telur tidak ada rongga udara.
  • Kuning telur agak kenyal dan sukar dipecahkan.

telur palsu

Setelah Direbus

  • Kuning telur tidak berbentuk bulat, bentuknya agak lonjong seperti cetakan.
  • Kuning telur berada dekat dinding cangkang telur (umumnya Telur Ayam asli posisinya agak ke tengah).
  • Rasa putih telur seperti jelly dan agak kenyal (bagi orang yang jarang makan Telur Ayam mungkin tidak akan tahu).
  • Terdapat selaput aneh pemisah antara kuning telur dan putih telur (Telur Ayam asli tidak ada).

Ketika Digoreng

telur palsu goreng

Banyak keluar gelembung kecil yang tidak wajar saat digoreng.

Selain perbedaan fisik di atas, tentunya TELUR AYAM PALSU ini dijual dengan harga yang lebih murah dan tidak wajar (bisa hingga 1/2 harga Telur Ayam asli).

TIPS MENGHINDARI MEMBELI TELUR AYAM PALSU

Pilihlah bentuk telur yang beragam, karena telur palsu menggunakan satu cetakan sehingga semua bentuknya akan sama, berbeda dengan telur asli yang bentuknya ada yang sedikit lonjong, elips, ataupun bulat full. Selalu mengetahui informasi terbaru tentang harga telur ayam di pasaran dan jangan langsung tertarik dengan harga telur ayam yang tidak wajar.

Baca Juga :  Menakjubkan! Inilah 5 Fenomena Alam Paling Unik di Indonesia

Bagaimana cara membuat Telur Palsu ?

Telur sintetis ini dari kenampakannya sulit dibedakan dengan telur asli. Harga telur palsu ini juga lebih murah dari telur asli. Harga grosir telur palsu adalah 0,15 yuan (0,03 Dollar Singapura) per butir - setengah harga dari telur asli. Seorang wartawan dari Majalah East Week dari Hong Kong mengikuti kursus membuat telur palsu tersebut dengan biaya tidak kurang 150 dolar Singapura untuk mengikuti kursus tiga hari cara memproduksi telur buatan.

buat telur palsu

Untuk menciptakan telur putih, instruktor - seorang wanita berusia 20 tahunan menggunakan sejenis ramuan seperti agar-agar, bubuk yang tidak diketahui jenisnya, asam benzoid, bahan pengentalan dan bahkan tawas yang biasa digunakan untuk pengolah industri.

Untuk menciptakan kuning telur, bubuk berwarna kuning jeruk dicampur ke dalam air dan diaduk. Cairan itu kemudian dituangkan ke dalam cetakan plastik yang berbentuk bulat dan dicampur dengan apa yang disebut 'air ajaib,' yang mengandung kalsium khlorida.Ini akan membuat selaput tipis di luar 'kuning telur,' yang akan mengikatnya dengan kuat.

Lalu telur tersebut dibentuk dengan sebuah cetakan. Tidak lupa kulit telur juga dibuat. Parafin dan sejenis cairan putih yang tidak ketahui jenisnya dituang ke dalam telur palsu itu, lalu didiamkan untuk kering. Telur buatan ini dapat dijemur dengan sinar matahari atau dikukus.

Konon, bahan utama cangkang telur imitasi maupun telur asli adalah Kalsium Karbonat, hanya saja di dalam telur imitasi terdapat pula gypsum dalam jumlah sedikit. Bahan putih dan kuning telur dengan telur asli tentu ada bedanya, bahan utama di dalam telur imitasi adalah: Resin, tepung, zat pengental, pewarna dan lain-lain bahan kimia, kuning telur adalah: pewarna dan resin. Menurut ilmuwan, putih telur imitasi menggunakan Bai Fan (semacam herbal) yang apabila dikonsumsi dalam waktu lama bisa menyebabkan penyakit Alzheimer.


loading...

Investiga Six
Mengungkap hal-hal "ganjil" yang tengah terjadi di lingkungan masyarakat sosial.

Jangan Lewatkan...