Aneh Tapi Nyata, Batu ini Bisa Tumbuh Menjadi Besar

1748 views

[www.andaikata.com] - Sebuah desa di Rumania memiliki bebatuan unik yang membuat banyak orang bertanya-tanya. Di Desa Costesti, ada batu yang bisa tumbuh dan semakin lama semakin membesar. Aneh, tapi nyata!


Desa Costesti berada di Provinsi Valcea, sekitar 8 km dari Horezu. Costesti adalah desa yang tenang dengan pepohonan hijau nan asri. Satu hal yang membuat desa ini banyak dicari wisatawan adalah karena fenomena batu yang bisa bertumbuh, demikian ditengok dari Enviromental Graffiti.

Bebatuan yang bernama trovant ini berada di area terbuka dekat dengan hutan nan hijau. Setiap terkena air, batu ini akan bertumbuh lebih besar. Sungguh fenomena yang aneh sekaligus menarik.


Diduga, bebatuan ini berasal dari hasil letusan gunung berapi sekitar enam juta tahun lalu. Sifat batu ini seperti pasir semen yang bisa bertumbuh. Bentuk batu ini bisa bulat bisa juga lonjong, bahkan ada juga yang berbentuk angka 8.


Besarnya pun beragam, mulai dari yang hanya beberapa mili hingga yang 10 meter. Meski banyak yang memiliki besar beragam, namun bentuk utamanya mirip, tapi tidak ada yang identik sama. Jika dibelah, batu ini memiliki isi yang berlapis, persis jika batang pohon dipotong.


Penduduk lokal mempercayai bahwa batu ini sungguhan hidup. Sehingga, mereka memperlakukan batu-batu di sini dengan baik. Menurut mereka, bebatuan ini harus diajak bicara dengan nada yang lembut dan juga harus diperlakukan dengan baik. Menurut legenda yang beredar, jika tidak diperlakukan dengan baik, Anda bisa sakit kepala.

Ternyata, fenomena bebatuan "hidup" ini tidak hanya bisa ditemui di Rumania. Beberapa negara lain yang punya batu sejenis antara lain Bosnia, RUsia, China, Selandia Baru, Kanada, Meksiko dan Kosta Rika.

@andaikatacom


loading...

Tags:
Wanwan Max
Hanyalah orang biasa (bukan luar biasa), pendiam (tapi banyak omong), suka hal-hal yang menarik (ya iya lah, kalo gak menarik gak mungkin suka dong...), dan asik juga kalo diajak ngobrol (kalo udah kenal sih....) apalagi diajak makan-makan bareng... Hehehe... (tapi dibayarin)