Kemanakah Pesawat Terbang Membuang Limbah Kotoran Manusia? Inilah Jawabannya!

Pernahkah Anda berpikir, kemana perginya limbah kotoran manusia dari pesawat yang sedang melakukan perjalanan selama puluhan jam, misalnya?

Ketika kita melakukan perjalanan dengan menggunakan pesawat selama puluhan jam tersebut, tidak mungkin bukan, kalau kita tidak makan atau minum? begitu juga dengan buang air kecil atau buang air besar, yang juga tidak bisa dihindari.

Jangan membayangkan jika nantinya kotoran tersebut akan dibuang oleh pesawat dari udara!

Pesawat udara era kini tentu berbeda dengan pesawat di era 1930-an, yang memang dilengkapi toilet duduk yang jika dibuka penutupnya langsung terhubung dengan udara luar. Toilet ini memanfaatkan daya isap angin luar pesawat untuk menyedot kotoran, sedikit mirip dengan toilet di beberapa kereta api Indonesia.

toilet pesawat terbang

toilet pesawat terbang

Pada masa tersebut, toilet pesawat semacam ini sempat ditakuti di dunia penerbangan. Toilet ini berbentuk seperti bak tinggi yang diberi penutup dan tempat untuk duduk, yang sering kali meluap dan memuntahkan ‘isi’-nya keluar, terlebih saat pesawat tiba-tiba melakukan manuver terbang ekstrim. Selain itu, bagi tentara Inggris, toilet ini malah dijadikan sebagai senjata untuk membombardir tentara Jerman dengan kotoran manusia.

Untungnya, teknologi pesawat modern seperti Boeing kini sudah jauh berbeda dengan toilet pesawat zaman dulu. Bagian dalam pesawat terbang modern dibuat dengan bahan yang licin, yang dapat menghisap kotoran dengan cepat dan terdapat aliran air yang dapat membantu menyapu kotoran ke selang pembuangan. Setelah itu, kotoran akan mengalir dengan kecepatan super tinggi melalui sebuah selang dan akan ditampung di dalam sebuah tangki di bagian belakang pesawat. Aliran kecepatan tinggi tersebut yang akan membuat kotoran menjadi cairan yang lebih halus, sehingga akan memudahkan ketika pembuangan di daratan nanti.

pesawat terbang putih

wawker.com

Ketika pesawat mendarat, semua kotoran yang terkumpul akan dipindah ke sebuah truk khusus yang akan memindahkan kotoran dari pesawat ke sebuah tangki atau septictank khusus yang berada si atas truk. Semua kotoran yang terkumpul kemudian akan dibuang ke tempat pembuangan, dan tangki kotoran di pesawat kemudian akan dibersihkan kembali untuk persiapan penerbangan berikutnya.


loading...

Yoga Saputra
Aku biasa aja sih, hanya anak orang biasa yang suka sama hal-hal yang luar biasa !

Jangan Lewatkan...