Hindari Minum Es Campur Saat Buka Puasa

2303 views

Sebaiknya, hindari kenikmatan sesaat dengan meminum minuman dingin saat berbuka puasa. Sebab air dingin yang masuk ke dalam perut setelah sekitar 14 jam tidak dimasuki makanan, akan membuat perut terkejut.


Berikut tips berbuka puasa yang baik:

  • Saat adzan magrib berkumandang, awali meminum air hangat dan manis misalnya teh manis. Hindari minuman dingin karena lambung akan kaget, akibatnya banyak mengeluarkan gas.
  • Selanjutnya, santaplah buah-buahan seperti kurma atau buah-buahan yang tidak dimasak. Makanan yang manis diyakini akan lebih mudah diserap tubuh dan mampu mengembalikan stamina tubuh relatif cepat. Bisa juga disertai makanan lain, namun jangan sampai kekenyangan.
  • Sebaiknya tidak dulu menyantap hidangan utama seperti nasi.
  • Setelah melaksanakan salat maghrib, baru anda makan menu utama dengan porsi secukupnya sesuai kemampuan perut. Sunahnya, memang berhenti sebelum kenyang, seperti yang dianjurkan Nabi Muhammad SAW dalam setiap makan.
  • Makan hidangan utama selesai, istirahatlah sebentar sambil menunggu salat isya dan tarawih.
  • Usai tarawih, kalau belum makan-makanan utama, saatnya anda menyantap nasi. Kalau yang sudah makan santapan utama, usai tarawih juga baik tidak ada salahnya menyantap makanan ringan meski jangan berlebihan.
  • Sangat penting diperhatikan, pilihlah makanan yang bergizi tinggi, kaya serat, vitamin dan mineral seperti buah-buahan. Menu makan sesuaikan dengan uang dapur Anda.

 

@andaikatacom


loading...

Tags:
Wanwan Max
Hanyalah orang biasa (bukan luar biasa), pendiam (tapi banyak omong), suka hal-hal yang menarik (ya iya lah, kalo gak menarik gak mungkin suka dong...), dan asik juga kalo diajak ngobrol (kalo udah kenal sih....) apalagi diajak makan-makan bareng... Hehehe... (tapi dibayarin)