4 Hal Sepele yang Membuat Baterai Laptop Lebih Tahan Lama

517 views

Semua benda elektronik memiliki masa pakai yang terbatas. Meski daya tahan dan performanya terus menurun seiring dengan bertambahnya umur, namun masih ada cara yang bisa dilakukan untuk memperpanjang umur perangkat elektronik tersebut. Salah satu perangkat elektronik yang kualitasnya mudah dijaga adalah laptop.

battery laptop

agar baterai laptop tahan lama

Jenis laptop yang beragam dengan kualitas dasn spesifikasi yang bervariasi saat ini membuat semua orang jadi leluasa memilih laptop sesuai kebutuhan. Bahkan harga terbaru laptop Asus yang ditawarkan MatahariMall membuat calon pembeli bisa berhemat secara maksimal. Jika sudah mendapatkan laptop yang paling sesuai dengan kebutuhan, sekarang saatnya melakukan 4 hal ini untuk membuat baterai laptop jadi lebih tahan lama :

Menjauhkan Laptop dari Berbagai Benda Berbahaya

Sinar matahari yang berlebihan, tumpahan air, dan kotoran berisiko merusak baterai laptop. Jadi, usahakan untuk menempatkan laptop di tempat yang aman dan sejuk. Bersihkan seluruh bagian laptop secara berkala agar tidak ada debu dan kotoran lain yang masuk dan mengganggu kinerja baterai laptop.

Menjaga Sirkulasi Udara pada Laptop

Sirkulasi udara sangat penting untuk menjaga kestabilan temperatur laptop. Pastikan bahwa laptop tidak ditempatkan di atas kasur atau benda lainnya. Gunakan fasilitas kipas khusus laptop untuk mempertahankan temperatur laptop. Sebab temperatur laptop yang terlalu panas akan membebani kinerja baterai laptop. Hasilnya, baterai laptop jadi lebih mudah rusak karena harus bekerja melebihi kapasitas.

Jangan Lupa Mengistirahatkan Laptop

Laptop yang terus menyala sepanjang hari tentu membuat kinerja baterainya terkuras meskipun terhubung dengan charger. Jadi, jangan lupa untuk mengistirahatkan laptop ketika tidak digunakan. Matikan laptop selama beberapa jam agar baterai dan komponen-komponen lainnya kembali berada dalam keadaan stabil.

Jangan Membiarkan Baterai Dalam Keadaan Kosong

Membiarkan baterai kosong hingga laptop mati secara otomatis tentu berbahaya. Karena energi baterai yang terkuras habis akan membuat baterai jadi mudah bocor dan mengganggu kinerja laptop. Pastikan bahwa masih ada sisa baterai sebanyak 5% hingga 10% ketika hendak melakukan proses charging. Hal ini tentu jauh lebih baik karena baterai masih bisa beradaptasi dengan daya listrik yang mengalir dari charger.


loading...

Wanwan Max
Hanyalah orang biasa (bukan luar biasa), pendiam (tapi banyak omong), suka hal-hal yang menarik (ya iya lah, kalo gak menarik gak mungkin suka dong...), dan asik juga kalo diajak ngobrol (kalo udah kenal sih....) apalagi diajak makan-makan bareng... Hehehe... (tapi dibayarin)

Jangan Lewatkan...