Bekerja Lebih Produktif dengan Menerapkan Tips Memilih Meja Kantor Ini

meja kantor

Bekerja memerlukan konsentrasi yang ekstra untuk meminimalisir kesalahan. Tak heran jika berbagai upaya dilakukan oleh perusahaan guna meningkatkan produktivitas karyawannya. Bicara soal upaya peningkatan produktivitas kerja, salah satu yang bisa dilakukan adalah memilih meja kantor yang tepat. Sebab, meja kerja menjadi salah satu fasilitas karyawan yang harus dipenuhi bersama dengan kursi kerja.

Nah, untuk membuat karyawan supaya bekerja dengan nyaman, pastikan meja tersebut ergonomis saat digunakan. Oleh karena itu, penting mengetahui tips memilih meja kantor yang tepat supaya Anda tidak buang-buang uang saat membelinya. Berikut ini akan disampaikan cara memilih meja kantor yang baik untuk Anda.

Sesuaikan Meja dengan Seisi Ruangannya

Tips memilih meja kantor pertama yang perlu diperhatikan adalah menyesuaikan meja dengan seisi ruangannya. Ya, faktor ini sangat penting untuk dipertimbangkan supaya meja yang dipilih selaras dengan furnitur dan dekorasi yang ada di dalam ruangan. Mulai dari ukuran meja hingga model yang diinginkan. Dengan mengetahui ukuran ruangan yang akan ditempati, maka Anda bisa menentukan dimensi meja yang diperlukan untuk mengisi ruangan kerjamu biar tetap lega.

Selain itu, perhatikan pula desain meja kantor yang dipilih supaya selaras dengan desain interior ruangannya. Sebagai contoh, ruangan kantor tempat Anda bekerja didesain minimalis dengan konsep ruangan outdoor dan digandrungi oleh para milenial. Artinya, Anda harus memilih meja kerja dengan gaya casual dan kekinian. Hindari penggunaan meja dengan warna kaku yang khas korporat atau bermotif kayu. Sebab, motif tersebut sangat berbanding terbalik dengan konsep ruangannya.

Sesuaikan Meja Kantor dengan Fungsinya

Tips memilih meja kantor penting lainnya yang perlu diperhatikan adalah menentukan dulu fungsi utama meja tersebut sebelum membelinya. Apakah meja tersebut akan digunakan untuk meja komputer atau tidak. Jika iya, maka Anda akan membutuhkan meja yang memiliki komponen traf keyboard dan tempat khusus untuk meletakkan CPU sekaligus printer. Lain halnya jika Anda membutuhkan meja kantor tanpa perangkat komputer, maka model meja minimalis sudah cukup. Akan lebih baik lagi jika Anda memilih model meja kerja yang ergonomis yang dirancang khusus untuk memberikan kenyamanan bekerja bagi karyawan.

Utamakan Kualitas Meja Kantor

Tentu saja  cara memilih meja kantor yang benar ini tak lepas dari kualitas terbaik yang diincarnya. Sebab, percuma saja berlama-lama memilih meja kantor, namun hanya memastikan harga yang murah tanpa diimbangi dengan kualitasnya. Salah-salah, nantinya meja tersebut tidak memberikan kenyamanan bagi karyawan hingga berpengaruh terhadap produktivitas kerja yang diberikan.

Nah, salah satu tips memilih meja kantor murah dan berkualitas adalah dengan memastikan apakah meja tersebut tergolong tahan lama atau tidak. Bagaimana caranya? Coba cek meja untuk kecacatan seperti bagian laci. Apakah bagian laci tersebut bisa dibuka dan ditutup dengan lancar atau tidak. Kemudian, adakah celah pada meja meskipun kecil?

Dengan memastikan hal-hal kecil di atas, berarti uang Anda tidak akan terbuang sia-sia. Sebab, meja kantor yang cacat akan meminta tambahan biaya untuk perbaikan. Periksa juga bagian permukaan mejanya, adakah gelombang, gurat kasar, atau lubang kecil yang tersebar.

Pilih Material Meja Kantor yang Tepat

Tak hanya gaya, rupanya bahan material meja kerja yang digunakan juga berpengaruh terhadap penampilan meja kerjanya. Bahkan, material meja kerja ini juga akhirnya akan mempengaruhi gaya desain meja itu sendiri. Sebagai contoh, kayu yang gelap menggambarkan gaya klasik, sementara itu bahan metal atau kaca menggambarkan gaya modern. Untuk meja kantor ini, bahan material yang sering digunakan mulai dari kayu, melamin, laminasi, kaca, hingga besi.

Sesuaikan Budget yang Tersedia

Tips memilih meja kantor terakhir adalah menyesuaikan budget yang tersedia. Ya, meskipun sudah menentukan model yang tepat untuk perusahaan, pastikan biaya yang dibutuhkan sesuai dengan budget yang tersedia. Apabila biaya yang tersedia cukup besar, meja kantor berbahan besi bisa jadi pilihan yang tepat. Sebaliknya, apabila biaya yang tersedia terbatas, maka cukup beli meja kayu dengan kaki dari bahan besi.

Nah, itulah beberapa tips memilih meja kantor yang perlu diperhatikan sebelum membelinya. Jangan lupa, pastikan hanya membeli produk meja kantor ini melalui situs Bhinneka  ya !

 

Wanwan Max
Hanyalah orang biasa (bukan luar biasa), pendiam (tapi banyak omong), suka hal-hal yang menarik (ya iya lah, kalo gak menarik gak mungkin suka dong...), dan asik juga kalo diajak ngobrol (kalo udah kenal sih....) apalagi diajak makan-makan bareng... Hehehe... (tapi dibayarin)