6 Hal yang Terjadi Jika Ilmu Fisika Tidak Ada

988 views

lmu fisika adalah ilmu yang sangat penting dalam kehidupan umat manusia. Namun sayang banyak orang yang mengindari ilmu ini dengan alasan sulit dipelajari. Di zaman dahulu, ilmu fisika menjadi primadona bagi sebagian banyak orang. Contohnya adalah ketika Albert Einstein menemukan teori relativitas, sontak ia pun menjadi sosok selebritis yang dikenal banyak orang. Lalu apa yang terjadi dengan zaman sekarang? Hanya sedikit yang menyukai ilmu ini. Padahal fisika adalah ilmu yang sangat fundamental dan hampir semua melandasi bidang teknologi canggih saat ini?

Sekarang ane akan coba akan mengulas bagaimana jadinya dengan peradaban umat manusia sekarang jika ilmu fisika tidak ada? Berikut ulasannya.

1. Dunia akan gelap gulita

bumi gelap

Saat ini hampir semua daerah menikmati fasilitas listrik. Jika kita melihat peradaban sebelum modern, dunia di malam hari sangat gelap gulita. Namun setelah ditemukannya listrik oleh para ilmuwan fisika, maka sekarang dunia di malam hari bisa terang benderang. Tidak hanya itu, kebutuhan listrik saat ini sangat penting dalam kehidupan umat manusia untuk memenuhi kebutuhan yang lainnya.

2. Kita tidak bisa menikmati internet

internet

Hal yang paling penting saat ini adalah internet. Hampir semua orang saat ini sangat tergantung dengan fasilitas internet. Adanya internet sangat dipengaruhi oleh sinyal atau gelombang elektromagnetik. Bayangkan jika ilmuwan dahulu tidak berusaha memecahkan gelombang elektromagnetik.

3. Kita tidak bisa menimati Televisi dan radio

radio tv

Hampir mirip dengan internet, televisi dan radio sangat dipengaruhi oleh gelombang elektromagnetik. Ilmuwan fisika memegang peranan penting dalam terciptanya siaran televisi dan radio. Dalam televisi kita mengenal istilah gelombang UHF dan VHF yang merupakan materi penting dalam dunia fisika

Baca Juga :  10 Fakta Menarik Tentang Air Liur yang Harus Kamu Ketahui

4. Kita tidak bisa menikmati berkendaraan roda 2, roda 4 maupun pesawat

pesawat terbang

Salah satu dari sumbangsih ilmu fisika terhadap peradaban adalah ditemukannya mobil, motor dan pesawat. Fisika menjadi ilmu dasar bagi tercipta dan lahirnya kendaraan tersebut. Banyak aplikasi konsep fisika dalam dunia mesin yang melatarbelakangi dibuatnya aplikasi mesin pada motor sampai pesawat. Dari mulai hubungan roda sampai siklus carnot.

5. Perkembangan industri akan lambat

pabrik

Disamping memegang penting dalam dunia kendaraan, fisika juga sangat memengang peranan vital dalam dunia industri. Sejak ditemukannya mesin uap, dunia industri sangat berkembang dan beralih dari tenaga manusia menjadi tenaga mesin. Dalam dunia industri sendiri banyak peralatan yang menggunakan konsep dasar fisika.

6. Dunia kedokteran tidak akan berkembang

medis

Semenjak ilmu fisika ditemukan dan dikembangkan, dunia kedokteran pun ikut berkembang. Ditemukannya sinar X, EKG, mikroskop dan lain-lain, dunia kedokteran menjadi lebih maju dari sebelumnya. Alat-alat tersebut lahir dari konsep fisika yang berhasil ditemukan oleh pada ilmuwan fisika.


loading...

Yoga Saputra
Aku biasa aja sih, hanya anak orang biasa yang suka sama hal-hal yang luar biasa !

Jangan Lewatkan...