Penasaran Kenapa Jam Tangan Rolex Mahal Abis ? Inilah Alasannya

Kenapa sih jam tangan rolex mahal banget? kok rolex disebut-sebut sebagai produk legendarisnya jam tangan ? apa sih bedanya rolex sama jam mewah lainnya ?

jam tangan rolex

Well, banyak orang yang kadang-kadang bertanya-tanya, mengenai apa sih yang istimewa dari rolex ? berikut beberapa alasan keunggulangan Rolex dibandinkan brand jam tangan mewah yang lainnya.

1. Rolex menggunakan mesin yang mahal dan rumit untuk membuat jam tangannya

ROLEX, PLO

Ya, sudah pasti keunggulan Rolex yang paling utama adalah aspek yang satu ini, mesin berteknologi tinggi yang menjadi tulang punggung dari rolex watch. Salah satu keunggulan dari mesin ini, bisa dilihat dari jenis stainless steel yang digunakan oleh Rolex. Jenis Stainless Steel yang sering digunakan oleh brand jam tangan yang lain adalah 316 L, dan Rolex sendiri saat ini sudah menggunakan jenis 904L yang sudah pasti memilik kualitas durable yang lebih baik.

Sebenarya sejak tahun 2003, Rolex sudah mulai mengganti jenis stainless steel yang digunakan dari 316 L, menjadi 904 L, hal ini terlihat dari bila jam tangan Rolex dipolished secara baik, akan terlihat berbeda dan lebih natural dibandingkan jam tangan merek lain.

Pertanyaan selanjutnya adalah, mengapa tidak banyak brand yang lain menggunakan 904 L ? jawabannya sederhana, karena 904 L hanya bisa dibuat menggunkan mesin yang digunakan Rolex, dan sudah pasti dengan harga yang sangat mahal, dan proses yang rumit.

2. Rolex mempunyai lab nya sendiri

Atelier d'assemblage montres Rolex

Sudah pasti, Rolex mempunyai departemen Research and Development center secara independent untuk mempertahankan quality control dari produknya. Tetapi hal yang menarik dari Lab mereka adalah, tempat ini sudah dilengkapi dengan mikroskop elektron yang dapat melihat partikel-partikel yang pastinya tidak dapat dilihat oleh mata telanjang. Selain itu, Rolex juga mempunyai Strees-Test Room, dimana semua komponen dari jam tangan, mulai dari movement, bracelet, dan sebagainya di uji coba menggunakan custom-made robot yang semakin menambah ketatnya proses produksi jam tangan Rolex.

3. Semua komponen dari Rolex dirakit secara manual menggunakan tangan

Rolex Ateliers ACA

Komponen dari jam tangan Rolex, khususnya movement atau mesin jam tangannya dirakit secara manual oleh para pekerja profesional dari Rolex sendiri. Memang, mereka juga menggunakan mesin untuk membantu 1-2 hal dalam proses assembling, tetapi secara keseluruhan tetap proses hand-made lah yang mendominasi perakitan.

4. Rolex menggunakan emas buatan pabriknya sendiri

Rolex Ateliers PLO, matières premières

Sampai saat ini, Rolex adalah satu-satunya perusahaan jam tangan yang menggunakan emas buatan pabriknya sendiri, yang berarti, Rolex mengawasi semua quality control secara independent.

Baca Juga :  Ternyata ini Alasan Wanita Lebih Banyak Bicara daripada Pria

5. Rolex mempunyai sistem keamanan layaknya benteng

sistem keamanan gedung

Bila teman-teman sekalian ingin mengunjungi safe-roomnya Rolex, mereka sudah memakai sistem keamanan layaknya bank, dilengkapi dengan pintu vault, dan sistem iris-scan yang sudah pasti sangat sulit untuk dijebol. Sampai-sampai seorang editor-in-chief dari blog ablogtowatch.com, ariel adams, mengibaratkan, fort knox, has nothing on rolex.

6. Jam tangan khususnya serian diving Rolex ditest menggunakan tank dengan tekanan yang tinggi

produksi jam tangan rolex

Semua serian Oyster case dari Rolex pasti di test menggunakan sebuah tank khusus, dimana tekanan udara dan air digunakan untuk memastikan bahwa kualitas dari masing-masing jam tangan sudah melewati standar yang cukup. Selanjutnya, yang menarik dari test ini adalah, masing-masing jam tangan akan di test sebanyak 2 kali, yaitu sebelum dan sesudah movement dan dial dipasang.

7. Perhiasan di jam tangan rolex dirakit secara manual oleh gemologist

batu perhiasan

Perhiasan, seperti jenis batu-batuan, mulai dari Ruby, Emerald, dan sebagainya, dirakit secara manual oleh para geomologist. Semua perhiasan ini, sebelum digunakan akan melewati proses x-ray untuk memastikan semuanya asli. Berdasarkan data yang kami dapatkan sekitar 20 juta buah dari batu-batuan berharga sudah digunakan, dan hanya 2 buah yang tergolong palsu. Mungkin angka dari 2 banding 20.000.000 sangatlah tidak efesien bila kita berbicara soal mass-product. Tapi bagaimana pun juga, Rolex sangatlah ketat untuk menjamin semua kualitas dari jam tangannya.

8. Satu set Jam tangan Rolex membutuhkan waktu kurang lebih 1 tahun

mesin produksi jam rolex

Mungkin informasi ini cukup dirasakan mencurigakan, tetapi hal ini benar adanya, 1 buah jam tangan rolex memerlukan waktu kurang lebih 1 tahun. Memang, sebenarnya Rolex bisa saja mengambil shortcut atau jalan pintas untuk mempercepat alur dari rangkaian produksinya, tetapi bagaimanapun juga, sampai sekarang Rolex tetap mempertahankan kualitasnya.

Proses perubahan dari Rolex sendiri bisa diibaratkan sebagai evolution bukan revolution. Salah satunya adalah pengubahan dari material alumunium menjadi keramik untuk bagian bezel dari jam tangan rolex.

---

Nah, itulah beberapa alasan mengenai kenapa jam tangan yang satu ini disebut-sebut sebagai merek yang legendaris dan tidak termakan waktu. Salah satu quote yang sering-sering disebut oleh para pecinta jam tangan adalah:

there is watch industry, and there is rolex


loading...

Yoga Saputra
Aku biasa aja sih, hanya anak orang biasa yang suka sama hal-hal yang luar biasa !

Jangan Lewatkan...