Mengapa Pusing Terkena Air Hujan?

1111 views
Ayo! Bagikan artikel ini ke Facebook atau Twitter, biarkan teman-temanmu tahu...

[www.andaikata.com] - Seseorang kadang tidak bisa memprediksi kapan akan turun hujan sehingga membuatnya basah-basahan akibat kehujanan. Tapi kehujanan bisa membuat orang jadi sakit, kenapa begitu?

Umumnya penyebab orang menjadi sakit setelah kehujanan disebabkan oleh paparan suhu dingin yang tidak biasa atau mendadak sehingga menurunkan sistem kekebalan tubuh dan penyempitan pembuluh darah.

Ketika hujan atau cuaca dingin, virus akan menyebar lebih cepat dan menginfeksi satu sama lain yang membuat seseorang menjadi lebih mudah sakit karena sistem kekebalan tubuh yang menurun.

Air hujan akan membuat suhu tubuh lebih dingin terutama di daerah kepala, kondisi ini membuat tubuh berusaha mengeluarkan energi lebih besar untuk mengurangi rasa dingin ini.

Selain itu air hujan yang turun juga mengandung gas-gas atau senyawa yang ada di udara sehingga lebih bersifat asam. Hujan yang turun rintik-rintik atau gerimis membuat konsentrasi asam dari gas dan senyawa ini semakin besar, sehingga orang bisa tetap sakit meski hanya kena gerimis.

Penyebab lainnya adalah tekanan udara yang rendah saat hujan atau mendung turut mengakibatkan penurunan sistem kekebalan tubuh sehingga memicu terjadinya sakit kepala atau penyakit infeksi lainnya.

Penelitian
Dalam sebuah studi yang melibatkan 25 anak-anak dan remaja yang memiliki riwayat penyakit migrain dan sakit kepala kronis, ditemukan kesimpulan anak-anak cederung lebih sering sakit kepala saat cuaca hujan atau kelembabannya lebih tinggi dari biasanya.

Partisipan yang ikut dalam studi ini hampir 3 kali lebih memungkinkan menderita sakit kepala ketika cuaca hujan atau kelembaban tinggi dibandingkan saat kondisi udaranya kering.

Pada studi tersebut, peneliti memberikan anak-anak komputer genggam yang dapat merekam gejala sakit kepala selama dua minggu. Setelahnya peneliti membandingkan informasi tersebut dengan kondisi cuaca yang ada saat itu.

Jangan lewatkan :  Selain Minum Bir, Inilah Cara Wanita Jaman Dahulu Mendeteksi Kehamilan

Tips menghindari pusing
Karena terjadi penurunan suhu tubuh yang drastis saat terkena air hujan, dianjurkan sebaiknya kita mandi air hangat, agar suhu kita cepat kembali normal.

Cara lainnya, disarankan segera membilas rambut yang terkena air hujan sebagai cara menghilangkan senyawa-senyawa dan gas bersifat asam yang terbawa dalam air hujan, serta mengganti pakaian yang basah agar suhu tubuh tidak semakin dingin yang membuat kekebalan tubuh makin menurun dan menghindari masalah kulit.

Mengapa kalau sengaja mandi hujan tidak gampang sakit? Saat kita sengaja "mandi hujan" maka seluruh tubuh basah, dan membuat suhu di tubuh jadi sama. Apalagi kalau kita bermain, tubuh kita akan mengeluarkan enegi yang akan diubah menjadi panas. Dengan begitu suhu badan kita yang panas bisa menangkal suhu dingin yang disebabkan guyuran air hujan.

Tak ada salahnya bermain di bawah hujan, asal hati-hati dengan petir, ya. Perhatikan juga lokasinya. Kalau tinggal di kota besar atau wilayah industri, air hujan yang turun bersifat lebih asam. Sebaiknya mandi lagi setelah bermain di bawah hujan.

@andaikatacom

Tags: