Istilah-istilah yang Sering Digunakan Toko Online Wajib Kamu Ketahui!

toko online

ilustrasi toko online

Belanja online atau kerap disebut Online Shopping adalah proses pembelian barang atau jasa dari toko online melalui gadget dan koneksi internet. Sejak kehadiran internet, para pedagang atau penyedia jasa berlomba-lomba untuk membuat toko online di era serba digital ini. Toko online berguna untuk menjual produk kepada calon konsumen yang sering menjelajah dunia maya. Toko online memberikan kemudahan pelanggan untuk mencari barang apapun yang diinginkan tanpa perlu datang ke storenya langsung. Pelanggan juga dapat melakukan transaksi pembayaran dirumah. Bicara soal online shop, anda yang sering belanja online mungkin sudah tak asing lagi dengan istilah-istilah yang biasanya digunakan toko online seperti dibawah ini.

Seller

Kata Seller berasal dari bahasa Inggris. Jika diartikan kedalam bahasa Indonesia, seller adalah penjual. Seller umumnya disebut untuk para pemilik online shop.

Buyer atau customer

Sama seperti Seller, buyer atau costumor berasal dari bahasa inggris yang artinya pembeli. Nah, kamu para pencinta belanja online disebut sebagai buyer atau customer.

TF

TF adalah singkatan untuk menyebut kata transfer yang memiliki arti pengeriman uang.

Ready Stock

Ready stock adalah persediaan. Ready stock di toko online menandakan bahwa barang yang kamu cari masih tersedia.

PO

PO berasal dari singkatan Pre Order. PO sering digunakan toko online yang menjual barang impor atau sesuai keinginan (custom). Setelah barang di PO sesuai dengan keinginan anda, pihak produksi akan membuatkannya. Barang akan dikirimkan setelah barang tersebut jadi.

Dropship

Dropship banyak dipakai Toko online untuk memberitahu kepada pelanggannya bahwa ia bisa menjadi reseller (pejual ulang) kepada konsumen lain dengan harga yang lebih murah dan dijual atas nama reseller bukan atas nama Toko online tersebut.

Ongkir atau Shipping Cost

Ongkir berasal dari akronim Ongkos Kirim. Sementara kata shipping cost berasal dari bahasa inggris yang artinya biaya pengiriman. Biaya pengiriman belanja online biasanya ditanggung oleh pembelinya. Toko online hanya berjasa untuk mengantarkan paket ke jasa pengiriman barang.

Resi

Ada ongkos kirim ada juga resi. Resi adalah nomor pengiriman barang yang akan diberitahu pelanggan setelah toko online melakukan pengiriman melalui jasa ekspedisi. Resi bisa dimanfaatkan pelanggan untuk melacar posisi barang saat proses pengiriman barang berlangsung.

COD

COD adalah singkatan dari Cash On Delivery. COD digunakan toko online yang menyediakan metode pembayaran langsung ditempat setelah barang tersebut sampai ditempat tujuan. COD akan mempertemukan pejual dan pembelinya melalui perjanjian.

Out of stock

Out of stock adalah istilah dimana barang yang anda inginkan sudah habis persediannya. Biasanya toko online menulisnya dengan kata ‘sold’ yang berarti habis.

Restock

Berbeda dengan out of stock, jika ada istilah Restock, artinya barang yang kamu pilih atau yang kamu inginkan akan ditambah lagi persediannya. Biasanya restock dipakai untuk barang yang sebelumnya sudah mengalami out of stock.

belanja online

belanja online

Sekarang wawasan kamu semakin bertambah setelah tahu apa saja istilah-istilah yang digunakan pada saat belanja online. Sudah saatnya kamu menikmati kemudahan belanja hanya dalam satu genggaman saja. Selain mudah, toko online bisa menghemat pengeluaran kamu. Toko online menyediakan berbagai promo menarik mulai dari bebas ongkir hingga potongan harga besar. Tunggu apalagi segera kunjungi toko online paling murah di Indonesia dan nikmati kemudahan belanja serta promo menariknya.


loading...

Amel Widya
Gak ah, biar pada penasaran... Hehehe...