Gejala Lactose Intolerant pada Anak

676 views
alergi pada anak

alergi pada anak

Mungkin beberapa dari Anda belum mengetahui apakah kelainan lactose intolerant atau intoleransi terhadap zat laktosa. Kelainan ini umumnya menyerang anak-anak atau bayi yang baru lahir. Hal tersebut bisa terjadi karena pencernaan anak tidak bisa mampu mengubah laktosa dalam kandungan susu alergi menjadi zat gula sederhana. Sama seperti kelainan penyakit pada umumnya, ketidakmampuan sistem pencernaan dalam menerima laktosa ini juga menunjukkan beberapa gejala.

Beberapa gejala yang menandakan buah hati Anda terjangkit kelainan intoleransi terhadap laktosa adalah sebagai berikut:

  • Perutnya akan sedikit membesar atau kembung.
  • Beberapa saat setelah mengkonsumsi susu, biasanya anak Anda akan mengalami diare. Karena diare yang berlebihan bayi Anda kemungkinan besar bisa juga mengalami dehidrasi.
  • Biasanya disertai juga dengan demam dan munculnya bintik-bintik merah pada permukaan kulit.
  • Bayi atau anak Anda biasanya juga akan mengalami muntah.

Itulah beberapa gejala yang sering timbul pada anak manakala ia mengalami ketidak mampuan menerima laktosa dari susu sapi formula yang Anda berikan.

Saat anak Anda mengalami hal demikian, disarankan untuk segera membawanya ke dokter untuk pertolongan pertama. Sering kali dokter menganjurkan Anda untuk menghentikan pemberian susu sapi formula sementara waktu. Setelah dalam kurun waktu tertentu dokter akan menganjurkan Anda untuk memberikan susu formula sapi kembali. Jika buah hati Anda menunjukkan gejala yang sama lagi, biasanya dokter baru bisa menyimpulkan apakah buah hati Anda benar-benar mengalami intoleransi laktosa atau tidak.

Lactose Intolerant pada anak ini bisa saja muncul karena bawaan genetik dari orang tuanya. Jika sang ibu mengalami alergi terhadap susu sapi maka besar kemungkinan anak yang dia lahirkan juga mengalami hal demikian. Selain genetik, kelainan tersebut bisa juga muncul karena dipengaruhi dengan gaya hidup selama masa kehamilan. Intoleransi terhadap laktosa ini bisa saja hilang saat anak beranjak dewasa. Tetapi dalam beberapa kasus ada juga yang tidak bisa sembuh sampai mereka dewasa. Jika buah hati Anda mengalami hal demikian, maka jalan keluarnya adalah dengan memberikannya susu PHPro khusus untuk anak yang alergi.


loading...

Tags:
Wanwan Max
Hanyalah orang biasa (bukan luar biasa), pendiam (tapi banyak omong), suka hal-hal yang menarik (ya iya lah, kalo gak menarik gak mungkin suka dong...), dan asik juga kalo diajak ngobrol (kalo udah kenal sih....) apalagi diajak makan-makan bareng... Hehehe... (tapi dibayarin)