10 Fakta Menarik Tentang Air Liur yang Harus Kamu Ketahui

333 views

Mendengar kata air liur, jangan merasa jijik dulu. Sebab fakta-fakta berikut ini mungkin tidak pernah terpikir olehmu. Ada alasan kenapa Tuhan menciptakan air liur, dan kenapa air liur terus diproduksi oleh tubuh.

Air liur ternyata punya banyak manfaat lho, berikut ini adalah fakta-fakta menarik tentang air liur.

1. Dalam setahun kita bisa memproduksi 2 bathtubs air liur

bathtub

Produksi air liur orang berbeda-beda. Namun rata-rata setiap orang akan menghasilkan 0,7 liter air liur per hari. Artinya cukup untuk mengisi penuh 2 bathtubs berukuran medium dalam setahun!

2. Air liur menjaga gigi dan gusi

bibir-berliur

Fakta-fakta tentang air liur lain nya adalah, air liur berfungsi untuk melumasi mulut kita dan sangat krusial untuk kesehatan mulut. Air liur juga membantu membunuh bakteri, melawan infeksi, dan kerusakan gigi.

3. Membantu proses penghancuran makanan

makan-buah-stroberi

Komposisi utama liur adalah air, dan ini menjadi kunci dalam proses pencernaan makanan. Air dalam air liur dapat membuat makanan melunak dan lebih mudah ditelan. Tanpa air liur, kita tidak mungkin dapat mencerna makanan karena makanan tidak akan benar-benar hancur.

4. Mendeteksi selera

lidah-mulut

Saat kita makan, molekul dalam makanan akan larut dalam air liur. Setiap makanan yang masuk ke mulut akan membawa rasanya masing-masing dan perlu air liur untuk kita dapat mendeteksi rasa dari makanan itu.

5. Menyembuhkan luka di mulut lebih cepat

bibir-luka

Karena air liur, luka di mulut akan lebih cepat sembuh dibanding dengan luka di tempat lain. Ini karena cairan tersebut menciptakan lingkungan yang lembab di dalam mulut kita, dan membantu sel-sel yang kita butuhkan untuk menyembuhkan luka. Air liur juga mengandung protein yang digunakan tubuh kita untuk proses penyembuhan.

6. Produksi air liur akan menurun ketika kita takut atau gugup

air-liur-bayi

Sangat umum jika kita akan merasa mulut kita menjadi kering ketika kita merasa gelisah atau gugup. Aliran air liur dikontrol oleh sistem saraf, dan itulah yang menyebabkan produksi air liur menurun sebagai respons “fight or flight”.

7. Mendeteksi penyakit

bibir-wanita

Sampel air liur dapat digunakan sebagai alat mendiagnosis penyakit pada seseorang. Memiliki mulut yang kering secara konstan, dapat menjadi indikasi dari beberapa masalah kesehatan serius atau penyakit. Hanya dengan menganalisa protein tertentu dalam air liur, dokter mampu untuk menilai risiko penyakit jantung, dan bahkan penyakit lain.

8. Batu kelenjar

pegang-pipi

Kita juga bisa mengalami penyakit batu kelenjar lho! Ini mirip dengan batu ginjal. Air liur terbentuk di kelenjar ludah, kemudian mengalir ke dalam mulut kita. Kadang-kadang, bahan kimia dalam air liur dapat mengkristal membentuk batu kecil dan dapat memblokir air liur memasuki mulut.

9. Air liur mengandung pembunuh rasa sakit alami

air-liur-bayi-meleleh

Kandungannya disebut opiorphin, ditemukan pada tahun 2006 dan diperkirakan menjadi obat penghilang rasa sakit hingga enam kali lebih kuat daripada morfin. Menurut sebuah makalah yang diterbitkan tentang penemuan tersebut,opiorphin tampaknya menjadi penghambat persepsi nyeri.

10. Mengunyah permen karet bagus untuk kesehatan gigi

makan-permen-karet

Namun pastikan permen karet yang kamu kunyah tidak mengandung gula ya. Dengan mengunyah permen karet produksi air liur akan meningkat dan baik untuk kesehatan gigi kita

Nah itulah 10 fakta-fakta menarik tentang air liur yang harus kamu ketahui, jadi jangan jijik lagi yaaa...


loading...

Amel Widya
Gak ah, biar pada penasaran... Hehehe...