10 Kalimat Yang Merusak Psikologi Anak

2335 views

Mendidik anak memang susah-susah gampang. Di satu sisi, pendidikan yang keras akan membuat anak menjadi pembangkang atau terlalu takut pada orang tua. Tapi di sisi lain, pendidikan yang terlalu lembut justru membuat anak terlalu seenaknya terhadap peraturan. Berikut ini adalah 10 kalimat yang sebaiknya tidak diucapkan kepada anak saat mendidik mereka :

 

1. Kalau kamu nakal, mama cubit kamu!
Kalimat seperti ini akan membuat anak menjadi ketakutan dan berniat untuk melakukan hal-hal yang diinginkannya tanpa sepengetahuan orang tua. Oleh karena itu, hindari menggunakan kalimat ini pada saat mendidik anak.

2. Kalau kamu gak nurut, mama usir kamu!
Kalimat ini akan memperlihatkan perilaku keras dari orang tua yang membuat anak berpikir bahwa dia akan mendapatkan perlakuan yang selalu keras dari orang tuanya. Oleh karena itu, hindari menggunakan kata-kata negatif seperti ini saat anak tidak menurut pada orang tua.

3. Ini semua gara-gara kamu!
Kalimat yang berpotensi menyalahkan anak ini akan membuat anak merasa bersalah seumur hidup. Oleh sebab itu, hindari menyalahkan anak dalam keadaan bagaimana pun.

4. Kamu memang anak durhaka!
Memberikan kalimat negatif seperti ini kepada anak akan membuat anak merasa bahwa dirinya memang nakal dan tidak patut untuk mendapatkan perhatian dan kasih sayang orang tua sehingga dia cenderung untuk menjadi pemberontak dan melakukan hal-hal yang negatif seperti yang ditujukan padanya.

5. Mama gak peduli sama kamu!
Saat mengucapkan kalimat ini, anak akan merekam semua perkataan orang tua sehingga dia akan bersikap acuh tak acuh pada apa yang dikatakan atau diperintahkan orang tua.

6. Lihat temanmu, dia lebih pintar dari kamu!
Membandingkan antara kelebihan orang lain dengan anak adalah hal yang seharusnya dihindari karena dengan begitu, si anak akan merasa bahwa ibunya lebih memilih anak yang lain daripada dirinya sendiri.

7. Kamu harusnya malu seperti ini!
Kalimat seperti ini sangat berpotensi untuk membuat anak tidak memiliki kepercayaan diri yang baik di hadapan orang tuanya. Oleh sebab itu, hindari menggunakan kalimat ini meskipun itu demi kepentingan sang anak.

8. Kalau saja kamu tidak lahir!
Kalimat ini sangat buruk dikatakan terhadap anak karena bisa menimbulkan pikiran negatif mengenai diri si anak itu sendiri. Si anak akan merasa tidak berguna dan lebih memilih menyingkirkan dirinya sendiri.

9. Kamu memang gak becus!
Saat memerintahkan sesuatu kepada anak, hindari menggunakan kalimat ini karena dengan begitu, anak akan merasa dirinya tidak berguna dan tidak memiliki kemampuan apa pun yang bisa dibanggakan oleh orang tuanya.

10. Kamu memang bukan anak mama!
Memberikan kalimat ancaman seperti ini akan membuat si anak yakin bahwa orang tuanya memang tidak menginginkannya. Oleh sebab itu, hindari penggunaan kalimat seperti ini.

 

Gunakanlah kata-kata yang baik dan pengertian yang sesuai dengan karakter anak agar si anak mengerti apa yang diharapkan oleh kedua orang tuanya.

 

@andaikatacom


loading...

Wanwan Max
Hanyalah orang biasa (bukan luar biasa), pendiam (tapi banyak omong), suka hal-hal yang menarik (ya iya lah, kalo gak menarik gak mungkin suka dong...), dan asik juga kalo diajak ngobrol (kalo udah kenal sih....) apalagi diajak makan-makan bareng... Hehehe... (tapi dibayarin)