5 Jalan Tol Keren di Indonesia yang tak Kalah dengan Luar Negeri

2708 views

Jalan tol (di Indonesia disebut juga sebagai jalan bebas hambatan) adalah suatu jalan alternatif untuk mengatasi kemacetan lalu lintas ataupun untuk mempersingkat jarak dari satu tempat ke tempat lain. Untuk menikmatinya, para pengguna jalan tol harus membayar sesuai tarif yang berlaku. Penetapan tarif didasarkan pada golongan kendaraan.

Ternyata jalan-jalan tol di Indonesia berikut ini sangat keren untuk dinikmati, tak kalah dengan jalan tol yang ada di luar negeri. Berikut ulasannya.

1. Jalan Tol Semarang-Solo

jalan tol semarang - solo

Jalan tol yang menghubungkan kota Semarang bagian timur, barat, selatan dan dari kota Solo ini memiliki pemandangan alam yang memikat hati. Daya tarik tersebut antara lain pemandangan di depan jalan yang terbentang ketika kita melalui jalan tol ini. Di Jalan tol Semarang-Solo ini juga terdapat jembatan tol terpanjang yang lokasinya di daerah Lemah Ireng.

Jalan tol ini juga minim papan iklan, sehingga pemandangan yang disajikan sepenuhnya dari pemandangan bukit dan gunung, diantaranya gunung Ungaran, Merapi dan Merbabu. Di ruas tol 11,95 km terdapat jembatan darat terpanjang di Indonesia. Saat cuaca cerah, panorama alam yang disajikan sangat indah dengan bentangan hutan hijau dan perbukitan yang cantik.

2. Jalan Tol Bali Mandara

jalan tol bali mandara

Jalan tol Bali Mandara ini menjadi jalan tol keren lainnya yang ada di Indonesia. Jalan tol ini dibangun di atas Laut dan membentang sepanjang 12,7 km dengan menghubungkan kawasan Nusa Dua, Ngurah Rai dan Benoa.

Jalan tol yang diresmikan pada tanggal 23 September 2013 ini menjadi satu-satunya jalan tol yang ada di pulau Bali. Jalur bebas hambatan ini menyajikan pemandangan yang indah dari pemandangan laut dan hutan bakau yang tumbuh disekitar jalan tol Bali Mandara ini.

3. Jalan Tol Cipularang

jalan tol cipularang

Pemandangan sepanjang jalan tol Cipularang juga tidak kalah indah dengan pemandangan yang disajikan oleh jalan tol lain di Indonesia. Hutan hijau di sekeliling jalan tol memberi nuansa yang menyegarkan untuk perjalanan yang cukup panjang, kontur bukit yang bermacam-macam menjadi pemandangan yang indah dan tidak akan membuatmu bosan selama perjalanan.

Pemandangan ruas jalan tol yang panjang menjadi pemandangan keren tersendiri yang bisa kalian nikmati. Melalui tol ini jarak Jakarta–Bandung hanya membutuhkan waktu satu jam tiga puluh menit saja.

4. Jalan Kelok 9

jalan kelok sembilan

Kelok 9 atau kelok sembilan adalah ruas jalan berkelok yang terletak di kota Payakumbuh, Sumatera Barat menuju Provinsi Riau. Kelok 9 menjadi bagian dari ruas jalan penghubung lintas tengah Sumatera dan pantai Timur Sumatera. Jalan kelok 9 ini masuk dalam deretan jalan terindah di dunia.

Selain karna tikungannya yang menantang, jalur kelok 9 ini memiliki jalur cepat yang lurus dan panjang. Pemandangan yang menganggumkan pun menjadi kombinasi sempurna untuk jalan indah ini.

5. Jalan Tol Pantura – Rembang

jalan tol pantura - rembang

Jalur tol Pantura menuju rembang ini memiliki pemandangan yang juga tidak kalah memukau dengan jalur tol lainnya. Jalan tol Pantura – Rembang merupakan jalan Pantura – Jawa yang menyuguhkan pemandangan pantai dan bentangan laut jawa yang eksotis.

Pemandangan menakjubkan lainnya muncul ketika kapal-kapal nelayan merapat dan bersadar di tepi pantai. Jalan tol ini dipastikan akan membius anda dengan hembusan angin laut yang sangat menggoda untuk terpejam. Hati-hati jangan sampai tertidur ya bagi yang menyetir.


loading...

Tipsnesia