Panel Listrik Tenaga Surya

346 views

panel listrik tenaga surya

Panel listrik tenaga surya atau yang lebih dikenal dengan pembangkit listrik tenaga surya merupakan suatu pembangkit listrik yang bersumber dari radiasi matahari untuk menghasilkan energinya. Panel surya yang terpasang pada pembangkit listrik ini akan menangkap energi dari matahari dan  mengubahnya menjadi energi listrik.

Listrik yang dihasilkan dari pembangkit listrik ini merupakan arus listrik DC. Untuk mengubah menjadi arus listrik AC memerlukan komponen tambahan, sehingga listrik yang dihasilkan dapat digunakan untuk peralatan elektronik yang umumnya terdapat pada bangunan.

Jenis-Jenis PLTS

1. Tersebar

Jenis dari pembangkit listrik ini biasanya dipasang pada setiap atap rumah ataupun lokasi tersebar dengan kapasitas yang kecil serta dengan pertimbangan jarak antar lokasi yang berjauhan.

2. Terpusat (Komunal) On Grid and Interactives

Jenis pembangkit listrik terpusat atau komunal umumnya digunakan dalam sistem pembangkit listrik skala menengah, kemudian didistribusikan ke pada pemakai (lampu jalanan  ataupun kebutuhan rumah tangga). Pembangkit listrik terpusat ini dapat berdiri sendiri  (off grid), dapat juga digabungkan interkoneksi dengan tegangan PLN (on grid).

3. Terpusat (Komunal) Offgrid & Hybrid

Pembangkit listrik jenis ini tergolong pengembangan dari sistem on grid hanya sumber pembangkit lain yang di gabungkan dalam PLTS yang bersumber dari PLTB, diesel, serta PLTMH.

Untuk mengetahui keterangan lebih detailnya dapat anda kunjungi halaman http://sewatama.com/id/ dari ke tiga jenis PLTS tersebut, pasti akan terdapat perbandingan dengan PLN. Seperti:

Listrik PLTS, listrik PLTS  bersumber dari energi terbarukan yaitu matahari. Merupakan pembangkit listrik yang ramah lingkungan sebab tidak menyebabkan polusi. PLTS ini dapat menghasilkan listrik apabila terdapat sinar matahari yaitu pagi sampai sore. Serta dalam penyediaan listrik tidak membeli sumber energinya, sebab tersedia gratis dari alam.

Sedangkan listrik PLN  berasal dari fosil untuk sumber energinya, seperti batu bara, dan minyak bumi. Sayangnya dalam proses pembangkitan listrik dapat menimbulkan polusi (emisi karbon) yang berdampak buruk pada lingkungan. PLN dapat menghasilkan listrik setiap waktu selagi masih ada bahan bakar yang tersedia. Namun untuk proses pembangkit listrik memerlukan bahan bakar pembangkit yang harus dibeli.

Manfaat dari PLTS

  1. Dapat menyediakan listrik dengan terus menerus sebab sumber energnya merupakan sumber energi yang terbarukan.
  2. Merupakan energi yang ramah lingkungan dan bersih sehingga dapat mengurangi emisi gas rumah kaca.
  3. Dapat menyediakan listrik dengan mudah serta tidak membutuhkan biaya khusus untuk perawatan. Dan dapat menyediakan kebutuhan listrik untuk pulau-pulai yang tidak teraliri listrik PLN.

loading...

Yoga Saputra
Aku biasa aja sih, hanya anak orang biasa yang suka sama hal-hal yang luar biasa !

Jangan Lewatkan...