Teknologi Internet Cepat untuk Pesawat Terbang Masa Depan

833 views

Gogo, penyedia layanan internet untuk pesawat terbang mengungkap teknologi baru yang memungkinkan akses internet berkecepatan tinggi. Dinamakan teknologi 2Ku, penumpang pesawat bisa mendapatkan akses internet cepat hingga 70Mbps.

Dilansir Theverge, penamaan 2Ku diberikan karena teknologi ini melibatkan dua antena satelit Ku-band. Kecepatan 70Mbps diklaim memiliki peningkatan signifikan ketimbang 9,8Mbps yang tersedia saat ini.

Lima tahun lalu, para penumpang pesawat terbang komersial hanya mendapatkan kecepatan internet 3,1Mbps. Chief Technology Gogo, Anand Chari mengatakan, perusahaan telah mengantisipasi kecepatan puncak lebih dari 100Mbps apabila teknologi satelit 'spot beam' baru telah tersedia.

2Ku juga akan melibatkan antena satelit khusus yang didesain untuk menyediakan dukungan terbaik dalam lokasi tropis serta keandalan yang lebih besar. Satelit khusus ini dipakai untuk menyediakan akses internet berkecepatan tinggi bagi penumpang pesawat.

Maskapai penerbangan di Jepang diharapkan menjadi yang pertama untuk uji coba teknologi 2Ku baru. Gogo mengestimasi bahwa ketersediaan teknologi buatannya akan meluas untuk pasar penerbangan komersial pada pertengahan 2015.

Gogo merupakan penyedia layanan internet dalam penerbangan yang berkantor pusat di Itasca, Illinois, Amerika Serikat. Menggunakan jaringan Gogo, penumpang dengan laptop dan perangkat yang mendukung WiFi, bisa mengakses internet berkecepatan tinggi.

 

@andaikatacom


loading...

Tags:
Wanwan Max
Hanyalah orang biasa (bukan luar biasa), pendiam (tapi banyak omong), suka hal-hal yang menarik (ya iya lah, kalo gak menarik gak mungkin suka dong...), dan asik juga kalo diajak ngobrol (kalo udah kenal sih....) apalagi diajak makan-makan bareng... Hehehe... (tapi dibayarin)