Tradisi Unik Menyambut Menstruasi Pertama di 10 Negara

115 views

Menstruasi adalah proses keluarnya darah dari rahim yang terjadi karena luruhnya lapisan dinding rahim bagian dalam yang banyak mengandung pembuluh darah dan sel telur yang tidak dibuahi. Walau tidak semua, perempuan normal akan mengalami proses ini.

Ternyata di belahan bumi lain ada yang menganggap peristiwa ini sebagai momen penting yang harus dirayakan. Tradisi Unik Menyambut Menstruasi Pertama yang ada di 10 Negara berikut ini.

1. Afrika Selatan

gadis afrika

Di Afrika Selatan ini justru perempuan tidak boleh berdekatan dengan laki-laki atau anak-anak selama periode menstruasi berlangsung. Tradisi ini jelas aneh bagi orang Indonesia.

2. Ghana

telur ayam

Perempuan yang mendapat menstruasi pertama akan diberi telur rebus. Telur rebus itu akan benar-benar ditelan dalam keadaan utuh! Katanya jika menggigitnya, itu sama saja dengan membunuh bayinya kelak. Gak cuma aneh sih ini, tapi ngeri juga!

3. Macedonia

celana dalam wanita

Perempuan yang mendapat menstruasi pertamanya harus mulai mencuci celana dalamnya sendiri. Kalau di Indonesia, semua anak remaja bukan hanya mencuci celana dalam sendiri tapi juga baju sendiri. Ternyata di Macedonia , hal ini jadi sebuah tradisi.

4. Yunani

pesta

Keluarga perempuan yang mendapatkan menstruasi pertamanya akan mengadakan pesta besar. Pesta ini adalah sebuah pesta peringatan bahwa perempuan yang mendapat menstruasi pertamanya itu menjadi seorang dewasa.

5. Jepang

sekihan makanan jepang

Ibu dari perempuan yang mendapat menstruasi pertamanya akan membuat Sekihan, yaitu ketan yang dicampur dengan kacang. Makanan ini adalah makanan yang dikenal sebagai adanya perayaan. Biasanya, ayah atau anggota laki-laki lain yang berada di rumah akan langsung tahu bahwa si anak perempuan mendapat menstruasi pertamanya karena adanya sekihan.

6. Israel

madu

Di Israel, perempuan yang mendapat menstruasi pertamanya harus makan satu sendok teh madu, hal ini dipercaya bisa membuat menstruasi-menstruasi selanjutnya menjadi lancar.

7. Malaysia

telur mentah

Perempuan yang mendapat menstruasi pertamanya harus makan telur mentah. Hal ini harus dilakukan agar selama menstruasi, tubuh bisa tetap aktif dan sehat. Walau aneh, rata-rata remaja Malaysia merasakan kebenaran akan tradisi tersebut.

8. Brazil

cewek brazil

Hal unik lainnya terjadi di Brazil, semua kerabat dan teman dari perempuan yang mendapat menstruasi pertamanya harus tahu tentang hal tersebut.

9. Kroasia

minum anggur merah

Di Kroasia, perempuan yang mendapat menstruasi pertama berarti diperbolehkan minum anggur merah karena menstruasi adalah tanda kedewasaan.

10. Kanada

buah berry

Tepatnya selama setahun penuh, perempuan yang mendapat periode menstruasi pertama tidak diperbolehkan makan buah berry. Baru boleh setelah setahun kemudian. Selama setahun tidak makan beri itu digunakan untuk menyimpan dan melestarikan berry.

Ternyata di luar sana tradisi-tradisi tersebut sangat unik ya...


loading...

Tags:
Dea Lova
Kalo bercanda jangan kelewatan yaaa, kalo kelewatan muternya jauuuhhh... :)