Seekor Singa Selalu Peluk Pria yang Menyelamatkannya

1459 views

Sirga, seekor singa betina berusia tiga tahun, selalu memeluk Valentine Gruener (27) setiap kali mereka bertemu. Gruener menyelamatkan Sirga ketika menemukannya nyaris tewas di saat hewan itu masih kecil.

Siapa tak mengenal keganasan seekor singa Afrika? Namun, di balik keganasannya, ternyata seekor singa masih menyisakan kelembutan, terutama untuk orang yang pernah menolongnya.

singa lucu

Itulah hubungan yang terjalin antara seorang aktivis lingkungan asal Jerman, Valentin Gruener (27), dan seekor singa betina bernama Sirga.

Kisah pertemanan unik antara Gruener dan Sirga dimulai tiga tahun lalu saat pria ini menemukan Sirga, yang saat itu masih bayi, telantar, dan nyaris mati di sebuah lahan peternakan milik Willie de Graaf di Gurun Kalahari, Botswana.

Gruener yang bekerja untuk proyek Modisa Wildlife mendapatkan izin untuk mencoba menyelamatkan nyawa Sirga kecil. Sejak saat itulah ikatan keduanya terbentuk dan keduanya tak terpisahkan.

Kini tiga tahun setelah pertemuan pertama itu, Sirga selalu datang menghampiri dan memeluk Gruener, setiap kali pria itu datang ke kawasan perlindungan tempat Sirga kini hidup.

Sirga, yang sejak kecil tak mengenal induknya, tampaknya sudah menganggap Gruener sebagai bagian dari hidupnya. Pria Jerman itu pun bertekad untuk mengajari singa betina itu hidup seperti layaknya singa.

Salah satu yang diajarkan Gruener kepada Sirga adalah bagaimana cara berburu makanan di alam liar.

"Dia (Sirga) belajar untuk bersabar, belajar membuntuti, dan kemudian menyergap," ujar Gruener yang menghabiskan sebagian hidupnya mengendap-endap di padang rumput bersama Sirga.

"Saat Sirga membawa antelop buruan pertamanya adalah hari paling membahagiakan saya. Sebab, saya sadar dia sudah bisa menjaga dirinya sendiri di alam liar," tambah Gruener.

Bagi Gruener, kedekatannya dengan Sirga membuat mimpinya selama ini, yaitu hidup bersama singa di alam liar, telah terwujud.

"Bisa berada di lingkungan ini, rasanya sungguh luar biasa. Saya hidup di sini, membesarkan seekor singa, dan pergi berburu bersama seekor singa," kata Gruener.

Gruener juga berterima kasih kepada pemilik peternakan Willie de Graaff yang mempertemukannya dengan Sirga.

"Tanpa dia, saya tidak akan bertemu Sirga dan dia sudah mengajari saya banyak hal selama tiga tahun terakhir dibanding yang bisa saya dapatkan di tempat lain," lanjut Gruener.

Kisah ini juga ternyata mengubah hidup Willie de Graaff. Pria itu dulu selalu menembaki singa untuk melindungi ternak-ternaknya. Kini, Willie berjanji tidak akan membunuh singa dan justru ikut dalam upaya konservasi hewan buas tersebut.


loading...

Tags:
Wanwan Max
Hanyalah orang biasa (bukan luar biasa), pendiam (tapi banyak omong), suka hal-hal yang menarik (ya iya lah, kalo gak menarik gak mungkin suka dong...), dan asik juga kalo diajak ngobrol (kalo udah kenal sih....) apalagi diajak makan-makan bareng... Hehehe... (tapi dibayarin)