10 Perang Paling Gokil dalam Sejarah, Salah Satunya karena Hal yang Sepele

Perang seringkali disebabkan karena banyak hal: uang, kekuasaan, agama, teritori bahkan karena perselisihan terhadap satu orang. Tapi ada perang konyol yang terjadi bukan karena demi kerhormatan dan kejayaan, tapi lebih karena hal-hal bodoh. Ada beberapa perang yang terjadi karena hal-hal sepele yang sebenarnya tak perlu terjadi.

Inilah 10 perang paling gokil dalam sejarah !

1. Lijar vs. Perancis

perang Lijar vs. Perancis

perang Lijar vs. Perancis

Dulu pada tahun 1883, desa kecil Lijar, yang terletak di selatan Spanyol, menjadi sangat marah ketika mereka mendengar raja Spanyol telah dihina di Perancis. Kota kecil ini memutuskan untuk menyatakan perang terhadap keseluruhan Perancis. Tapi tak ada satu tembakan pun yang dikeluarkan oleh 300 warganya.

2. Perang Oaken Bucket

Perang Oaken Bucket

Perang Oaken Bucket

Perang Oaken Bucket adalah perang yang konyol. Dulu pada tahun 1325, persaingan antara Modena dan Bologna pecah karena sebuah ember kayu. Segerombolan tentara Modena menggerebek Bologna dan mencuri sebuah ember, menyebabkan kemarahan di antara tentara Bologna.

3. Perang Paraguay

Perang Paraguay

Perang Paraguay

Perang Paraguay adalah salah satu contoh perang idiot. Presiden Paraguay saat itu, Francisco Solano Lopez, adalah seorang pengagum Napoleon, tetapi ia tak mempunyai perang sendiri untuk diperangi dan untuk membuktikan dirinya. Dia memutuskan untuk menyatakan perang terhadap Argentina, Brasil, dan Uruguay. Gara-gara itu, Paraguay hampir hancur setelahnya.

4. Perang anjing liar

Perang anjing liar

Perang anjing liar

Pada tahun 1925, =Yunani dan Bulgaria sebelumnya telah berperang melawan satu sama lain dalam Perang Dunia Pertama, dan tetap jadi musuh pada saat itu. Ketegangan tersebut memuncak, dan seorang prajurit Yunani mengejar anjing liar di perbatasan Bulgaria. Tentara itu ditembak mati oleh penjaga perbatasan, sehingga memulai perang yang berlangsung hampir dua minggu.

5. Perang Aroostook

Perang Aroostook

Perang Aroostook

Perang Aroostook terjadi antara Amerika Serikat dan Inggris karena memperebutkan perbatasan Maine. Pasukan Inggris menduduki daerah tersebut, tetapi AS ingin kontrol penuh. Penduduk Amerika di dekat daerah tersebut secara tak sengaja menerima kiriman makanan yang harusnya untuk Inggris. Tak ada pertempuran apapun, tapi banyak yang meninggal akibat penyakit dan kecelakaan.

6. Perang Babi

Perang Babi

Perang Babi

Perang Babi adalah perang lain yang terjadi antara pasukan Inggris dan Amerika setelah seorang tentara Inggris menembak babi yang berkeliaran di sepanjang tanah Amerika. Milisi lokal menanggapi dengan mengerahkan kekuatan mereka. Inggris kemudian meminta maaf, mengakhiri perang singkat, yang berlangsung empat bulan.

7. Perang 335 tahun

Perang 335 tahun

Perang 335 tahun

Perang 335 tahun dialami oleh Belanda dan Kepulauan Scilly, yang berada di lepas pantai Inggris - Inggris Raya pada saat itu. Perang dimulai pada tahun 1651, tetapi tidak berakhir selama tiga abad, sehingga perang ini menjadi konflik terpanjang dalam sejarah. Tidak ada satu orang pun yang tewas akibat perang ini.

8. Perang Sepak Bola

Perang Sepak Bola

Perang Sepak Bola

Perang Sepak Bola terjadi karena pertandingan sepak bola antara El Salvador dan Honduras pada tahun 1969. El Salvador kalah dalam pertandingan, dan para penonton pun ricuh. Tak lama setelah itu, tentara El Salvador melancarkan serangan. Perang tersebu berlangsung empat hari, dan 3.000 orang tewas.

9. Perang Moldovan-Transdniestrian

Perang Moldovan-Transdniestrian

Perang Moldovan-Transdniestrian

Perang Moldovan-Transdniestrian terjadi tak lama setelah jatuhnya Uni Soviet. Sebagian besar negara Moldova ingin bergabung dengan Rumania, sedangkan sisanya ingin menjadi bagian dari Rusia. Perang meletus antara kelompok-kelompok ini pada siang hari, namun mereka berkumpul di malam hari untuk ngobrol dan minum-minum. Perang ini berlangsung selama empat bulan, dan 1.300 orang tewas.

10. Perang Emu

Perang Emu

Perang Emu

Perang Emu adalah salah satu perang paling tak terkendali di dunia. Tak ada satu orang pun manusia yang tewas di Australia, tapi sekitar 2.500 burung emu tewas oleh tentara bersenjata dengan senapan mesin dan senapan. Lebih dari 20.000 emu ini berkeliaran gurun pada saat itu.


loading...

Wanwan Max
Hanyalah orang biasa (bukan luar biasa), pendiam (tapi banyak omong), suka hal-hal yang menarik (ya iya lah, kalo gak menarik gak mungkin suka dong...), dan asik juga kalo diajak ngobrol (kalo udah kenal sih....) apalagi diajak makan-makan bareng... Hehehe... (tapi dibayarin)