Apa Hubungannya Coba? Inilah Uniknya Pengobatan Ala Indonesia

1494 views

Bicara tentang Indonesia memang tidak pernah ada habisnya. Selalu saja ada hal-hal unik yang menarik yang bisa diomongin. Bahkan saking uniknya terkadang tidak rasional untuk bisa diterima oleh akal sehat! Misalnya tentang dunia perdukunan Indonesia yang oleh sebagian orang modern dianggap sesuatu yang menggelikan. Tapi ini bukan soal dukun, melainkan soal keunikan ala orang Indonesia ketika melakukan pengobatan yang dianggap tidak masuk akal. Namun seolah menjadi sugesti untuk terus dipertahankan dan sepertinya jenis pengobatan ini hanya ada di Indonesia. Berikut paparan:

1. (Anyang Anyangan) Susah Pipis Kenapa Jempol Kaki yang dikaretin?

jempol kaki

Pernah mendengar istilah "Anyang Anyangan?" jika pernah beruntunglah karena kamu termasuk orang yang unik. Unik karena menurut keyakinan sebagian besar orang Indonesia percaya bahwa jika susah pipis maka ikatlah jempol kakimu dengan karet. Dan niscayalah pipismu akan lancar. Meski sedikit sakit karena bulu kaki jempol ketarik karet.

2. Demen Ngompol? Carilah Capung!

capung

Mengobati penyakit ngompol dengan capung? Entah bagaimana asal muasalnya banyak orang yang tidak tahu. Tapi hal ini sudah menjadi rahasia umum orang tua di Indonesia. Ketika mengobati orang yang masih suka ngompol. Pengobatan unik ala Indonesia yang yang satu ini memang memiliki sugesti yang luar biasa. Bagaimana tidak? Ketika ada anak kecil atau orang dewasa yang suka ngompol di kasur, orang tua di jaman dulu akan mencari capung untuk ditempelkan di udel (pusar).

Rasanya geli banget! Udel kita akan digigit gigit oleh si capung dan itu bener-bener bikin ngakak! Meski tak jarang juga banyak anak anak malah menangis jejeritan.

3. Sakit Gigi dan Jeroan Kecoa Batu!

kecoak batu

Di sebagian besar wilayah Banten, Jawa Barat dan Pulau Jawa, pada umumnya. Masih banyak orang tua jaman dulu yang percaya bahwa salah satu obat sakit gigi paling ampuh adalah dengan menggosokan jeroan kecoa batu. Ingat ya kecoa batu, bukan kecoa yang gede yang biasa ada di toilet atau tempat tempat kotor!

Caranya bagaimana? Orang tua jaman dulu akan mencari kecoa batu berwarna abu-abu muda bergaris yang bentuknya kecil di sela-sela batu. Dengan sedikit jamp- jampi lalu dipencet sampe jeroannya keluar dan menggosokannya di pipi dekat gigi yang sakit.

Anehnya sakit gigi jadi sembuh, entah karena sugesti yang kuat atau memang telah dijampi-jampi... Sudahlah jangan dipikirkan yang penting sakit giginya sembuh.

4. Jendol Kejedot? Cari Emakmu!

sakit kepala pusing

Lah apa hubungannya jendol karena kejedot dengan emak-emak (ibu kita)? Karena kasih dan cinta mereka terkenal sepanjang masa? Bisa jadi tapi sepertinya bukan soal itu. Ketika jendol maka emak-emak di jaman dulu akan segera mengeluarkan jurus pamungkasnya yaitu "Jurus Rambut Mengganyang Jendol". Tapi entah kenapa hal itu juga memang benar-benar terjadi, bahwa jendol di kepalamu akan segera mengempis ketika diusap usap pake rambut emakmu. Emak-emak orang Indonesia memang dahsyat ya...

5. Tiduran di Rel Kereta Maka Segala Penyakit akan Sirna?

terapi rel kereta api

Pernah lihat orang tiduran atau nyender di rel kereta api? Jika pernah maka kemungkinannya hanya ada dua. Dia akan bunuh diri atau sedang melakukan terapi kejut listrik. Tapi, bahwa dengan tiduran di rel kereta api dipercaya dapat membantu menyembuhkan berbagai macam penyakit. Mau nyobain? Boleh tapi hati-hati dan wajib nengok kanan-kiri dulu! Siapa tau ada kereta mau lewat...

6. Suka Cegukan? Coba dikagetin!

bocah kaget

Karena ini Indonesia yang penuh dengan keunikan dan kearifan lokal, maka jangan pernah membenturkan metode penyembuhan ala orang tua jaman dulu dengan dokter. Ya, ini soal cegukan yang katanya bisa sembuh kalo dikagetin. Banyak orang tua jaman dulu bahkan hingga sekarang masih percaya melakukan teknik pengobatan cegukan dengan cara dikagetin. Cara ngagetinnya gimana? Ya terserah... Mau dikagetin pake ledakan balon atau petasan, yang penting kaget.

Baca Juga :  5 Pengobatan Tradisional Indonesia yang Tak Akan Pernah Punah

7. Kebelet Berak? Cari Batu dan Kantongi!

batu

Pasti pernah ngalamin yang namanya kebelet BAB? Setidaknya 2 atau 3 kali seumur hidupnya. Jika hal itu terjadi maka segeralah cari toilet terdekat. Kalo gak nemu juga maka buruan cari batu kerikil lalu kantongi di saku celana atau baju. Maka niscayalah rasa ingin berakmu akan hilang begitu saja lenyap entah kemana. Percaya atau tidak ini adalah titah para orang tua di jaman dulu, mungkin hingga hari ini. Mitos iya, tapi kok banyak yang merasakannya ya? Namanya juga sugesti.

8. Gondokan/Gondongan di Leher? Luluri dengan Blau Warna Biru

ulang tahun

Masih sering dilakukan oleh para orang tua di jaman dulu mungkin juga hingga sekarang. Mengobati penyakit gondokan atau Gondongan dengan cara mengolesinya pake blau warna biru. Katanya sih dipercaya dapat menyembuhkan penyakit gondongan dan biasanya dilakukan kepada anak-anak kecil sampai bahkan seluruh mukanya ditutupi !

9. Sering Kena Sial Buanglah Sempakmu!

jemuran sempak

Percaya atau tidak bahwa membuang salah satu sempak (kancut/celana dalam) adalah salah satu cara ampuh yang dipercaya oleh sebagian masyarakat Indonesia untuk menghilangkan penyakit apes atau kesialan. Apes itu penyakit apa bukan sih?

Itulah Indonesia dengan segala keunikannya.


loading...

Darmo Waspodo
Wong tuwo yang nggak mau dianggap tuwo, meskipun takdir dan kenyataan tak bisa dilawan...

Jangan Lewatkan...